7 Gaya Hidup Sehat Ini Dapat Membantu Mencegah Depresi

Ilustrasi depresi
Sumber :
  • Pixabay

Jakarta – Gaya hidup sehat dapat menjadi kunci untuk mengurangi risiko depresi. Ini adalah temuan dari sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Nature Mental Health.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Penelitian ini mencatat bahwa meskipun faktor genetik atau DNA kita dapat meningkatkan risiko depresi, gaya hidup yang sehat mungkin memiliki peran yang lebih penting dalam mencegah depresi. 

Para peneliti mengidentifikasi ada tujuh faktor gaya hidup yang dapat mengurangi risiko depresi. Berikut ini faktor-faktornya yang dilansir dari Medical News Today:

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Ilustrasi olahraga/lari.

Photo :
  • Freepik/master1305

1. Menerapkan Pola Makan Sehat

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

2. Melakukan Aktivitas Fisik Secara Teratur

3. Tidak Merokok

4. Membatasi Konsumsi Alkohol

5. Memiliki Interaksi Sosial yang Sering

6. Mendapatkan Tidur yang Cukup

7. Menghindari Perilaku yang Sangat Duduk

Ilustrasi depresi/stres.

Photo :
  • Freepik/jcomp

Para peneliti mengumpulkan data dari hampir 290.000 orang selama sembilan tahun dan menemukan bahwa orang-orang yang mempraktikkan sebagian besar atau semua faktor gaya hidup sehat ini memiliki risiko depresi yang lebih rendah. Mereka yang berada dalam kelompok "menguntungkan" memiliki risiko depresi 57% lebih rendah dibandingkan dengan kelompok "tidak menguntungkan."

Faktor risiko depresi sendiri melibatkan berbagai elemen seperti faktor lingkungan, biologis, genetik, dan psikologis. Untuk mengukur pengaruh faktor gaya hidup sehat, para peneliti juga memperhitungkan faktor risiko genetik dengan memberikan skor risiko genetik kepada peserta penelitian.

Hasilnya, mereka menemukan bahwa bagi peserta dengan risiko genetik tinggi, sedang, dan rendah, gaya hidup sehat tetap mengurangi risiko depresi. Ini menunjukkan bahwa kita mungkin tidak bisa mengubah genetika kita, tetapi kita dapat meminimalkan dampaknya dengan mengadopsi gaya hidup yang lebih sehat.

Penemuan ini mendorong kesadaran tentang betapa pentingnya gaya hidup sehat dalam menjaga kesehatan mental. Aktivitas fisik, nutrisi yang baik, tidur yang cukup, dan interaksi sosial yang positif adalah langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengurangi risiko depresi. 

Dengan menerapkan perubahan-perubahan sederhana ini dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat memberikan kontribusi pada kesejahteraan mental kita sendiri. Selalu penting untuk berkonsultasi dengan tenaga medis jika kamu mengalami gejala depresi yang mengganggu. Gaya hidup sehat adalah langkah positif dalam perjalanan menuju kesejahteraan mental yang lebih baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya