7 Manfaat Orgasme, Kurangi Stres hingga Bantu Tidur Nyenyak

Ilustrasi seks/bercinta
Sumber :
  • Freepik/jcomp

VIVA Lifestyle  – Berhubungan seksual bagi pasangan merupakan momen yang paling dinanti-nanti. Tujuan dari berhubungan seks tidak lain adalah untuk bereproduksi, tetapi juga ada banyak manfaat lainnya dari segi kesehatan yang akan didapatkan. Bicara soal berhubungan seks tentu juga berkaitan erat dengan urusan orgasme.

Kalau Istri Hyperseks apa yang Perlu Dilakukan Suami? Begini Nasehat Dokter Boyke

Orgasme dapat diartikan sebagai perasaan senang dan gembira yang luar biasa ketika mencapai puncak saat berhubungan intim. Ini adalah jenis tindakan tidak disengaja yang dikendalikan oleh sistem saraf. Orgasme melepaskan pelepasan ketegangan erotis yang terakumulasi, sebagai balasannya memberikan sensasi relaksasi.

Menurut Dr Aruna Kalra, Glinekolog Senior dan Dokter Kandungan, orgasme bukan hanya sebatas sensasi menyenangkan yang dirasakan oleh masing-masing pasangan tetapi ada banyak manfaat karena pelepasan hormon baik dalam tubuh. 

Ini 6 Cara Buat Suami Bertahan di Atas Ranjang

"Rangsangan seksual yang intens menyebabkan orgasme. Bisa juga dilakukan saat melakukan aktivitas seksual, mulai dari hubungan seksual hingga tindakan foreplay. Orgasme sering kali terjadi setelah rasa terangsang di area sensitif seksual seperti puting susu, alat kelamin, anus, dan perineum," jelas Dokter Kalra, melansir Health Shots, Selasa 22 November 2023.

Hati-hati, 7 Dosa Bikin Pasangan Ogah Bercinta

Berikut ini adalah 7 manfaat orgasme bagi pria maupun wanita yang melakukan hubungan seks.

1. Membantu menjalin ikatan dengan pasangan

Ilustrasi bercinta/pasangan.

Photo :
  • Freepik/lookstudio

Orgasme dapat membantu seseorang merasa lebih dekat dengan pasangan dan membantu membangun ikatan yang kuat dengannya. Terlebih lagi, mereka meningkatkan pelepasan oksitosin yang meningkatkan perasaan ikatan dan cinta ketika mencapai puncak kenikmatan berhubungan seks. Selain itu, menjaga kehidupan seksual yang baik membantu menjaga ikatan yang sehat dengan pasangan.

2. Membantu menghilangkan rasa sakit

Orgasme diketahui juga dapat membantu menghilangkan rasa sakit, bahkan saat wanita mengalami kram selama siklus menstruasi. Hal ini terjadi karena adanya pelepasan endorfin dan kortikosteroid dalam tubuh wanita ketika mencapai orgasme sehingga rasa nyeri di sekitar area rahim dapat berkurang.

3.Mengurangi stres dan membuat merasa lebih bahagia

Karena terjadinya pelepasan oksitosin (hormon yang meningkatkan perasaan senang) dan penurunan kortisol (hormon yang meningkatkan stres), seseorang cenderung mengalami lebih sedikit stres dan lebih banyak kebahagiaan setelah mencapai orgasme. Di samping itu, orgasme juga memberikan manfaat bagi kulit, yang mungkin membuat seseorang lebih percaya diri dalam penampilannya.

4. Orgasme membantu tidur lebih nyenyak

Hormon yang disebut prolaktin juga  dilepaskan oleh tubuh setelah mencapai orgasme, ditambah dampak oksitosin dan vasopresin sehingga dapat membantu seseorang tidur lebih nyenyak. Inilah alasan mengapa seseorang merasa cukup rileks setelah orgasme.

5. Orgasme dapat membantu siklus menstruasi yang sehat

Ilustrasi bercinta.

Photo :
  • Pexels/Chevanon Photography

Orgasme yang teratur terbukti bermanfaat bagi siklus menstruasi wanita. Saat seorang wanita mengalami orgasme, banyak nutrisi dan darah mengalir menuju vagina, memastikan siklus menstruasi yang sehat.

6. Meningkatkan peluang untuk hamil

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa orgasme juga bisa meningkatkan kemungkinan seseorang untuk hamil dan memiliki kehamilan yang sehat. Alasan di balik ini adalah karena pelepasan hormon oksitosin.

7. Orgasme dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Penelitian menunjukkan bahwa orgasme dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Orgasme setiap minggu dapat membantu meningkatkan antibodi tubuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya