10 Cara Ampuh Mengobati Flu Tanpa Obat, Dijamin Mujarab!

ilustrasi mimisan, bersin, pilek, flu
Sumber :
  • pixabay/ sweetlouise

VIVA Lifestyle – Saat musim hujan, flu dan batuk juga meningkat. sedang berlangsung pada musim gugur ini. Nah, beberapa ahli membeberkan bahwa saat gejala penyakit itu muncul, tak melulu harus selalu mengonsumsi obat.

Istri Bintang Emon Positif Narkoba Gegara Obat Flu, Begini Penjelasan Ahli

Sejumlah profesional kesehatan memberikan nasihat mereka tentang pengobatan alami yang perlu dipertimbangkan ketika seseorang menderita salah satu penyakit ini.

Berikut adalah rekomendasi, saran dan wawasan mereka, yang dilansir dari beberapa sumber.

5 Common Cat Diseases, Everything You Need to Know

Ingus dianggap bisa menyelamatkan hidup manusia. Foto ilustrasi sakit flu.

Photo :
  • Neozep

Berikut 10 ide untuk dipertimbangkan.

Tantrum pada Anak, Apakah Ada Kaitannya dengan Makanan yang Dikonsumsi Sang Ibu Selama Kehamilan?

1. Vitamin C

Mereka yang merasa mengalami masalah mungkin akan mengonsumsi suplemen vitamin, terutama vitamin C dan vitamin D3, saran para ahli. Vitamin C ditemukan dalam buah jeruk dan juga tersedia dalam bentuk suplemen, kata Dr. Naval Parikh, kepala pengobatan di Broward Health North, Pusat Trauma Tingkat 2 di Florida Selatan.

Orang yang sakit harus mengonsumsi “setidaknya 1000 mg setiap hari” vitamin C, katanya.

“Vitamin C mengandung antioksidan, yang melindungi sel-sel kita dari zat-zat berbahaya yang disebut radikal bebas,” kata Dr. Summer Kerley, wakil presiden operasi klinis dan solusi rencana kesehatan di Rite Aid yang berbasis di Carolina Utara.

Namun, berhati-hatilah dengan jumlah yang diminum.

“Efek samping yang serius dari terlalu banyak vitamin C sangat jarang terjadi, karena tubuh tidak dapat menyimpan vitamin tersebut,” menurut situs sistem Mount Sinai Health Network di New York. “Namun, jumlah yang lebih besar dari 2.000 mg/hari tidak dianjurkan. Dosis setinggi ini dapat menyebabkan sakit perut dan diare, dan jarang menyebabkan batu ginjal.”

Selain itu, suplementasi vitamin C dosis besar tidak dianjurkan selama kehamilan.

2. Vitamin D3

Kerley dari North Carolina juga merekomendasikan vitamin D3. “Ini berfungsi sebagai sinar matahari harian dalam jumlah besar, dan telah dikenal membantu mendukung sistem kekebalan dalam melawan virus,” katanya.

Terlalu banyak juga terbukti berbahaya.

Konsekuensi utama keracunan vitamin D adalah penumpukan kalsium dalam darah (hiperkalsemia), yang dapat menyebabkan mual dan muntah, lemas dan sering buang air kecil, menurut Mayo Clinic. Toksisitas vitamin D dapat berkembang menjadi nyeri tulang dan masalah ginjal, seperti pembentukan batu kalsium.

3. Zinc atau Seng

Mineral penting, seng adalah obat alami lain yang telah terbukti berhasil dalam mengobati gejala pilek. “Seng penting untuk fungsi sel kekebalan, yang mendukung pertahanan tubuh melawan infeksi,” kata Kerley. “Melengkapi seng dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.”

Seseorang dapat mengonsumsi suplemen zinc atau menggunakan produk seperti Zicam. “Minumlah suplemen zinc dalam tiga hari pertama sejak timbulnya gejala,” kata Parikh.

Namun, pastikan untuk mengikuti instruksi dengan cermat.

“Penggunaan semprotan seng yang berlebihan dikaitkan dengan hilangnya penciuman secara permanen,” kata Dr. Benjamin Jack, seorang dokter darurat dan pendiri perusahaan Duration Health yang berbasis di Texas.

Ilustrasi madu

Photo :
  • healthline.com

4. Madu

“Madu terbukti efektif mengurangi batuk baik pada orang dewasa maupun anak-anak,” kata Jack. Dia menekankan bahwa penting untuk diingat bahwa madu tidak boleh diberikan kepada bayi di bawah satu tahun, karena dapat menyebabkan botulisme pada bayi.

5. Elderberry

Elderberry, tanaman obat, telah dikonsumsi selama bertahun-tahun untuk mengobati gejala pilek dan flu serta memperkuat sistem kekebalan tubuh. “Kaya antioksidan, elderberry dapat mendukung fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi gejala infeksi saluran pernapasan atas,” kata Kerley.

6. Sup ayam

Ilustrasi Sup Ayam

Photo :
  • VIVA.co.id/Tasya Paramitha

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Nebraska Medical Center (UNMC) pada tahun 1990-an menemukan bahwa sup ayam sebenarnya merupakan pengobatan yang efektif untuk pilek. Studi peer-review ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1993 dan diterbitkan lagi pada tahun 2000.

Stephen Rennard, M.D., menguji resep sup ayam nenek istrinya di laboratorium, dan menemukan bahwa ada bahan-bahan dalam bahan makanan umum yang mungkin memiliki tindakan anti-inflamasi.

Parikh juga mebeberkan sup yang diberikan kepadanya saat masih kecil ketika dia sakit. “Obat alami India kuno yang diberikan, yang terbuat dari air hangat, garam, kunyit, dan ghee,” katanya. Ghee adalah mentega yang telah diolah.

“Ibu saya memberikan ini kepada saya ketika saya masih kecil dan saya masih menggunakannya ketika saya mengalami gejala pilek atau flu,” tambahnya. “Ini membantu meredakan dada tersumbat, meredakan sakit tenggorokan, dan meredakan batuk saya.”

7. Semprotan garam saline

“Semprotan hidung saline adalah solusi yang aman dan sederhana” untuk membantu mengatasi hidung tersumbat, kata Jack. “Mereka efektif dan biasanya tidak memiliki efek samping seperti obat semprot,” kata dokter itu menambahkan.

8. Mandi air panas

Ilustrasi mandi.

Photo :
  • Pixabay

“Mandi air panas dan beruap” dapat memberikan manfaat yang luar biasa dalam meredakan hidung tersumbat dan mengurangi penderitaan pilek atau flu, kata Parikh. Vicks Vapo-rub juga efektif mengurangi batuk, tambahnya.

9. Makan sehat

“Cara terbaik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda adalah dengan mengonsumsi makanan yang seimbang dan kaya nutrisi sebelum jatuh sakit”, kata Kerley.

Ini harus mencakup banyak makanan yang mengandung vitamin C, seperti brokoli, jeruk, atau melon. “Buah dan sayuran berwarna yang kaya antioksidan, seperti beri, wortel, dan bayam, membantu mendukung kekebalan dengan melindungi tubuh Anda dari senyawa berbahaya yang disebut radikal bebas,” ujarnya.

“Cobalah menghindari makanan olahan dan gula berlebih dan tetap terhidrasi dengan banyak air dan minuman bebas gula dan kafein lainnya.” Teh juga bisa berfungsi sebagai anti inflamasi, kata Parikh.

Ilustrasi Tidur

Photo :
  • Unsplash

10. Tidur malam yang nyenyak

Pentingnya tidur malam yang nyenyak dan istirahat ketika sakit tidak dapat disepelekan, kata beberapa dokter. “Orang dewasa membutuhkan setidaknya tujuh hingga delapan jam tidur berkualitas setiap malamnya. Ini adalah waktu tubuh kita untuk meregenerasi sel-sel baru dan memperoleh energi yang dibutuhkan untuk melawan infeksi. Kurang tidur dapat menurunkan fungsi kekebalan tubuh,” kata Kerley.

Mereka yang sulit tidur bisa mencoba minyak esensial, seperti minyak lavender, untuk membantu membantu tidur, katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya