Cara Meninggikan Badan Secara Alami, Masih Bisa? Ini Tipsnya!

ilustrasi anak/pertumbuhan anak/tinggi anak/kakak adik.
Sumber :
  • Freepik/rawpixel.com

Jakarta – Meninggikan badan adalah keinginan banyak orang, terutama bagi mereka yang merasa kurang percaya diri dengan tinggi badan mereka. Meskipun faktor genetik memainkan peran penting dalam tinggi badan seseorang, ada beberapa cara alami yang dapat membantu meningkatkan tinggi badan. Berikut adalah lima cara yang dapat kamu pertimbangkan:

Kantor LPS Bakal Hadir di Medan, Diresmikan 3 Mei 2024

1. Pola Makan yang Seimbang dan Nutritif

Makanan sehat

Photo :
  • Eat This
BI Catat Penyaluran Kredit Baru Kuartal I-2024 Tumbuh Positif, Ada Tapinya

Nutrisi yang tepat berperan penting dalam pertumbuhan tubuh. Pastikan kamu mendapatkan cukup kalsium, vitamin D, protein, dan zat-zat gizi lainnya yang mendukung pertumbuhan tulang dan otot. Susu, produk susu, sayuran hijau, ikan, dan daging tanpa lemak adalah contoh makanan yang kaya akan nutrisi tersebut.

Laba Bersih Bank Jago Naik 24 Persen Kuartal I-2024, Intip Sumber Cuannya

2. Olahraga Rutin yang Melibatkan Peregangan

Gerakan olahraga russian twist

Photo :
  • Womens Health

Olahraga yang melibatkan peregangan, seperti berenang, bersepeda, atau yoga, dapat membantu meningkatkan postur tubuh dan merangsang pertumbuhan tulang. Peregangan membantu melonggarkan otot-otot, meningkatkan fleksibilitas, dan memberikan stimulus positif pada tulang belakang.

3. Tidur yang Cukup dan Berkualitas

Ilustrasi Tidur

Photo :
  • Unsplash

Tidur yang cukup dan berkualitas adalah kunci untuk pertumbuhan yang optimal. Saat tidur, tubuh melepaskan hormon pertumbuhan yang memainkan peran utama dalam meningkatkan tinggi badan. Pastikan kamu tidur setidaknya 7-9 jam setiap malam dan menciptakan lingkungan tidur yang nyaman.

4. Pertahankan Berat Badan yang Sehat

Ilustrasi olahraga yoga.

Photo :
  • Pexels

Berat badan yang sehat mendukung pertumbuhan optimal. Jika berat badan berada dalam kisaran yang sehat, tekanan pada tulang dan persendian akan berkurang, memungkinkan pertumbuhan yang lebih baik. Hindari obesitas atau kekurangan berat badan yang dapat menghambat pertumbuhan.

5. Hindari Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol Berlebihan

Merokok di dalam mobil

Photo :
  • KLCC

Merokok dan konsumsi alkohol berlebihan dapat merusak pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Zat-zat kimia dalam rokok dapat merusak tulang dan menghambat produksi hormon pertumbuhan. Sebaliknya, alkohol dapat merusak penyerapan nutrisi yang penting untuk pertumbuhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya