Cromboloni Bikin Gagal Diet, Ternyata Segini Kandungan Kalorinya

Cromboloni.
Sumber :
  • Cookpad.

JAKARTA  – Sosial media memang tidak ada habisnya jika membicarakan tentang tren yang muncul setiap tahun. Salah satunya yang belakangan ini sedang banyak dicari oleh anak-anak muda adalah kulineran cromboloni. Pastry asal Perancis yang merupakan perpaduan croissant dan bomboloni itu memiliki tekstur yang renyah di luar dan gurih di dalam sehingga disukai oleh banyak orang.

Ernando Ari Viral di Korea Selatan karena Joged Mengejek Lawan

Pastry berbentuk bulat itu biasanya juga diisi dengan filling atau isian yang beragam mulai dari krim cokelat, vanila, stroberi, kacang, hingga green tea. Begitu juga dengan topping krim manis di atasnya.

Makan cromboloni memberikan sensasi tersendiri karena ketika kerenyahan kulit pastry di bagian luarnya digigit, maka krim di bagian dalamnya akan meleleh dan lumer di mulut.

Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar

Cromboloni.

Photo :
  • Cookpad.

Akan tetapi, di tengah ramainya orang mencari pastry yang satu ini, sebaiknya tidak abai juga pada kandungan kalori yang ada di dalamnya. Melansir unggahan Instagram @flimtyfiber, dalam satu cromboloni setidaknya mengandung 500 kkal per saji. Angka ini bisa jadi lebih tinggi lagi, tergantung dengan semakin banyak jumlah isian krim manisnya. Padahal dalam sehari, kebutuhan kalori harian bagi seorang pria setidaknya adalah 2.500 kkal dan bagi wanita sebanyak 2.000 kkal.

Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

"Jumlah kalori ini juga dipengaruhi oleh bahan apa saja yang digunakan dan jumlahnya. Semakin besar ukurannya atau semakin banyak isiannya, maka kalorinya pun akan semakin tinggi," terang Ayu Anisadyah S.Gz, seorang Ahli Gizi, dikutip Jumat 22 Desember 2023.

Jumlah kalori yang cukup tinggi ini berasal dari bahan-bahan yang digunakan untuk membuat cromboloni. Secara umum, cromboloni terbuat dari campuran tepung, gula, telur, susu full cream, hingga mentega.

Di antara semua itu, ada susu full cream dan mentega yang mengandung tinggi lemak jenuh. Kemudian, tepung sebanyak 100 gram saja sudah mengandung hingga 333 kkal.

"Inilah yang membuat kalori cromboloni tinggi, belum lagi isiannya yang biasanya terbuat dari cokelat an tambahan gula," katanya.

Tingginya kandungan kalori di dalam satu cromboloni ini bukan berarti cromboloni dilarang. Tetapi sebaiknya diimbangi dengan cara makan yang benar serta gaya hidup sehat yang membantu membakar kalori dalam tubuh.

Disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat lainnya sebagai selingan di antara makan utama. Pilihlah camilan yang rendah kalori dan rendah gula tetapi dengan tinggi serat. Untuk itu, buah menjadi pilihan yang tepat karena rasa manis alami juga mengandung tinggi serat. Selain itu, penting juga untuk menghindari nyemil terutama makanan manis di malam hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya