6 Manfaat Minum Air Jahe di Pagi Hari, Basmi Kolesterol hingga Turunkan Berat Badan

Ilustrasi Air Jahe
Sumber :
  • Pixabay/ condesign

VIVA Lifestyle – Jahe merupakan rempah-rempah yang bisa menambah rasa pada hidangan, makanan, atau minuman apa pun dengan sensasi hangat dan pedasnya. Padahal, lebih dari memberikan rasa sedap pada makanan, jahe dapat bekerja lebih maksimal ketika dinikmati di pagi hari dalam keadaan perut kosong.

Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

Dalam pengobatan kuno, jahe digunakan sebagai ramuan untuk mengurangi risiko berbagai penyakit. Jika menginginkan tubuh yang lebih sehat, pertimbangkan untuk meminum air jahe di pagi hari agar semua manfaat jahe terserap ke dalam tubuh sepanjang hari. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Jahe kaya akan nutrisi dan vitamin penting seperti vitamin C, kalsium, zat besi, tembaga, seng, mangan, dan kromium, dan lainnya. Mengonsumsi air jahe saat perut kosong menawarkan berbagai manfaat kesehatan.

Eko Patrio Ungkap Sakit yang Diidap Parto Hingga Harus Dioperasi

Berikut 6 manfaat minum air jahe di pagi hari menurut Ahli Gizi Avni Kaul, melansir Health Shots, Sabtu 3 Februari 2024.

Keberadaan Astronot Terancam, Hal Mengerikan Ini Muncul di Luar Angkasa

1.Meningkatkan kesehatan pencernaan

"Ramuan ampuh ini dikenal karena kemampuan pencernaannya, membantu meringankan gangguan pencernaan, kembung, dan mual," kata Avni Kaul.

Apalagi meminum air jahe membantu membasmi atau menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini membantu menjaga risiko penyakit jantung.

2. Memiliki sifat anti inflamasi

Sifat anti-inflamasi jahe berkontribusi dalam meredakan nyeri sendi, sehingga bermanfaat bagi penderita arthritis. Selain itu, sifat jahe ini membantu melawan kuman dan bakteri berbahaya yang dapat memicu peradangan.

3.Penguat imunitas alami

Ini bertindak sebagai penguat kekebalan alami, memperkuat tubuh melawan infeksi. Air jahe juga terkenal karena kemampuannya mengatur kadar gula darah, meningkatkan kestabilan energi sepanjang hari.

4. Bertindak sebagai antioksidan

Selain itu, kandungan antioksidan dalam air jahe membantu menjaga kesehatan sel, sehingga berpotensi menurunkan risiko penyakit kronis.

Ilustrasi jahe.

Photo :
  • Pixabay/ Couleur

5. Memiliki sifat anti mual

"Sifat anti-mual alami jahe sangat bermanfaat bagi mereka yang rentan terhadap mabuk perjalanan, migrain, atau mual di pagi hari selama kehamilan," kata sang ahli.

Ini juga dapat membantu menyembuhkan masalah perut secara umum.

6. Membantu penurunan berat badan

Jahe dipercaya dapat meningkatkan metabolisme, mendukung tujuan pengelolaan berat badan. Ketika metabolisme berfungsi dengan baik, tubuh mampu membakar kalori bahkan saat melakukan tugas normal sepanjang hari, sehingga membakar lemak tubuh lebih cepat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya