Bukan Pegal Biasa, Nyeri Punggung Bisa Jadi Pertanda Penyakit yang Lebih Serius

Nyeri tulang punggung
Sumber :
  • Times of India

JAKARTA – Nyeri punggung merupakan salah satu kondisi kesehatan yang disebabkan karena banyak hal, mulai dari kebiasaan postur duduk yang salah, cedera setelah angkat beban, efek samping kecelakaan, bahkan karena kondisi penyakit yang lebih serius.

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Namun, tak jarang orang menyepelekan rasa nyeri punggung karena dianggap hanya sebagai pegal-pegal biasa. Padahal, nyeri punggung bisa jadi sinyal buruk yang menandai adanya keluhan penyakit dalam tubuh. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Rasa sakit di bagian punggung paling umum disebabkan karena masalah otot. Tetapi, tidak menutup kemungkinan juga akan berkaitan dengan gangguan tulang belakang yang akibatnya cukup fatal apabila tidak segera di tangan dokter. 

5 Mitos Tentang Masturbasi, Benarkah Bisa Hilangkan Keperawanan?

"Sakit punggung datang dari masalah otot, itu yang paling umum. Tapi ada banyak lagi penyebabnya," kata Consultant Orthopaedic Spine Surgeon, Dr. Lee Chee Kean, dalam media briefing bersama ALTY Hospital Kuala Lumpur, di Jakarta, Jumat 8 Maret 2024. 

ilustrasi pijat punggung

Photo :
  • Pixabay/pexels
Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

Ketika mengalami nyeri punggung, pastikan dulu penyebab utamanya. Misalnya, rasa sakit itu terjadi setelah melakukan kegiatan olahraga, atau mengalami jatuh dan kecelakaan. Biasanya, jika nyeri punggung yang disebabkan karena masalah otot, bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 3-5 hari. Rasa nyerinya juga akan berkurang secara bertahap dari hari ke hari. 

Sedangkan, jika nyeri punggung itu berkaitan dengan gangguan tulang belakang, rasa sakitnya justru tidak akan mereda dan bisa bertambah parah dalam 2-3 hari. Inilah waktu yang tepat untuk memeriksakan diri ke dokter.

"Durasi biasanya sakit otot bisa sembuh sendiri 3-5 hari, biasanya sakitnya berangsur berkurang. Kalau waktunya lebih panjang, makin parah keluhannya, sebaiknya periksakan ke dokter karena dikhawatirkan ada kondisi yang lebih serius," papar Dr. Lee.

Kondisi nyeri punggung bisa dianggap menjadi masalah kesehatan yang sangat serius jika penderitanya mengalami beberapa kondisi lainnya seperti keringat dingin, rasa tidak nyaman di pencernaan, nafsu makan berkurang, hingga menurunkan berat badan. 

Selain di bagian punggung, umumnya orang juga merasakan sakit di area pinggang yang disalahartikan menjadi nyeri punggung. Padahal, nyeri di area pinggang justru bisa berakibat lebih fatal karena menjadi salah satu ciri seseorang bermasalah dengan ginjalnya. 

"Biasanya masalah pinggang itu berkaitan dengan ginjal. Tapi dia tidak ada keluhan sakitnya, berbeda kalau masalah tensi, gula darah, kolesterol yang tidak dijaga atau tiba-tiba fungsi ginjal menurun," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya