Gak Kalah Sehat, Susu Kacang Mede Diklaim Rendah Kalori Hingga Bebas Kolesterol

Ilustrasi susu.
Sumber :
  • Pixabay/manolofranco

VIVA Lifestyle – Susu nabati saat ini mulai diminati masyarakat tidak hanya bagi mereka yang intoleransi laktosa tapi juga mereka yang peduli akan kesehatan dan mulai hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang juga lebih sehat seperti plant-based food.

Weekend ke Mana? Yuk, Nikmati Hidangan ala Gourmet Cocok Buat Temen Nongkrong

Di samping itu, kopi adalah salah satu minuman favorit banyak orang, termasuk mereka pecinta makanan sehat. Perpaduan kopi dan susu juga tidak kalah populer di kalangan anak muda termasuk mereka yang mulai pola hidup sehat. Scroll untuk info lengkapnya, yuk!

Kebanyakan coffee shop menggunakan susu sapi untuk resep rahasia menghasilkan cita rasa yang gurih dan creamy. Padahal, ada juga alternatif susu nabati yang bisa didapatkan di pasaran salah satunya yang dibuat dari olahan kacang mede. Persepsi bahwa susu nabati memiliki rasa yang kurang enak dan sulit untuk dicampurkan pada bahan makanan ataupun minuman, membuat banyak orang enggan memilih susu nabati. 

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Ilustrasi es kopi susu, kopi gula aren

Photo :
  • Freepik/valeria_aksakova

Mikael Jasin yang merupakan seorang coffee profesional yang sudah berpengalaman di industri kopi selama lebih dari 10 tahun, menjelaskan bahwa susu memiliki peran yang sangat penting di industri kopi baik itu untuk pelaku bisnis ataupun para penikmatnya. Kehadiran susu lactose-free, gluten-free, dan dairy free dapat menjadi alternatif bagi para barista serta para penikmat kopi yang mengalami intoleransi laktosa dan yang ingin memulai hidup lebih sehat. 

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

"Rasa  gurih khas kacang mede membuatnya sangat cocok untuk dicampurkan dengan minuman panas ataupun dingin sehingga menghadirkan cita rasa minuman yang sangat enak dan unik pada sajian kopi,” kata Mikael Jasin, dalam keterangannya, dikutip Jumat 8 Maret 2024.

“Tekstur creamy yang hampir mirip dengan susu sapi mampu meningkatkan rasa minuman kopi secara keseluruhan, mempermudah proses forthing sehingga dapat menghasilkan foam yang bagus, halus, shiny, dan glossy," sambungnya.

Melihat antusiasme masyarakat yang tinggi terhadap susu nabati, susu yang terbuat dari kacang mede tidak kalah nikmat dan menyehatkan bagi tubuh dibandingkan dengan susu sapi.

Susu kacang mede cenderung lebih aman dikonsumsi anak-anak hingga orang dewasa. Sifatnya yang rendah kalori, rendah gula dan tidak mengandung kolesterol diyakini tidak akan mengganggu gaya hidup sehat. Selain itu, susu ini kaya akan tembaga dan magnesium serta antioksidan yang berasal dari kacang mede yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan imunitas tubuh. 

Selain memiliki kandungan gizi yang melimpah susu ini punya tekstur yang creamy dan rasa gurih yang membuatnya mudah dicampurkan pada makanan ataupun minuman. 

"Kami sangat senang menyambut Mikael Jasin sebagai Brand Ambassador Arummi. Keahliannya dalam dunia kopi, ditambah semangatnya untuk menampilkan cita rasa Indonesia sangat sejalan dengan misi kami dalam mendukung perjalanan setiap masyarakat Indonesia menuju hidup yang lebih sehat sekaligus mempromosikan komoditas lokal dalam skala global," kata Nacitta Kanyandara, Chief Executive Officer (CEO) Arummi Foods.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya