Menjelajahi Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan

Penjualan Kolang Kaling Meningkat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

VIVA – Siapa yang tidak kenal caruluk atau kolang kaling? Si mungil yang kenyal dan segar ini tidak hanya jadi pelengkap hidangan, tetapi juga menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Di balik teksturnya yang unik, ternyata kolang-kaling mengandung serat vitamin dan mineral yang dapat menunjang kesehatan tubuh.

Kolang kaling yang kaya akan serat, air, karbohidrat, protein, vitamin C, kalsium, fospor dan zat besi. Kandungan serat yang tinggi menjadikannya penunjang pencernaan yang handal. Vitamin C dan mineral yang terkandungnya berperan dalam menjaga daya tahan tubuh.

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Manfaat kolang Kaling

Photo :
  • vstory

Berikut beberapa manfaat dari kolang-kaling bagi kesehatan yang di lansir dari berbagai sumber, Jumat, 15 Maret 2024.

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Melancarkan pencernaan, Kandungan serat tinggi dalam kolang kaling dapat membantu melancarkan pencernaan, mencegah sembelit dan menjaga kesehatan usus.

Meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin C dan mineral dalam kolang kaling membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan infeksi.

Menjaga kesehatan tulang, kolang kaling mengandung kalsium dan fosfor yang penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Mencegah dehidrasi, kandungan air yang tinggi dalam kolang kaling membantu mencegah dehidrasi dan menjaga tubuh terhidrasi.

Menjaga kesehatan kulit, kandungan vitamin C dalam kolang kaling dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini.

Membantu menurunkan berat badan, kolang kaling rendah kalori dan kaya serat, sehingga dapat membatu kamu merasa kenyang lebih lama dan membantu untuk program penurunan berat badan.

Pedagang memperlihatkan buah kolang kaling dagangannya di Kawasan Pasar Bina Usaha Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Selasa, 7 Mei 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Tips Mengolah dan Mengonsumsi Kolang Kaling:

Pilihlah kolang kaling yang berwarna putih bersih dan kenyal, kemudian cuci kolang kaling dengan air mengalir sebelum diolah. Selanjutnya, rebus kolang kaling dengan air gula atau sirup untuk menghilangkan rasa asam dan menambah rasa manis.

Kolang kaling dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan, seperti es campur, manisan, kolak dan sebagainya. Konsumsi kolang kaling secara moderat untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal. Sekitar 100 gram kolang kaling perhari sudah cukup unruk memenuhi kebutuhan tubuh.

Kolang kaling bukan hanya hidangan yang menyegarkan, tetapi juga kaya akan manfaat untuk kesehatan. Jadikan kolang kaling sebagai bagian dari diet sehat dan untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya