Ketahui 5 Dampak Buruk Terlalu Banyak Mengonsumsi Mie Instan Saat Sahur

Ilustrasi mie instan.
Sumber :
  • Freepik/dashu83

Jakarta – Mie instan adalah makanan cepat saji yang populer di seluruh dunia, termasuk di kalangan umat Muslim selama bulan Ramadan. Namun, mengonsumsi mie instan saat sahur memiliki beberapa bahaya yang perlu dipertimbangkan. Berikut adalah beberapa dampak negatif yang bisa terjadi jika kamu sering mengonsumsi mie instan saat sahur:

Weekend ke Mana? Yuk, Nikmati Hidangan ala Gourmet Cocok Buat Temen Nongkrong

1. Rendahnya Nilai Gizi

Ilustrasi mie instan

Photo :
  • Pixabay
Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Mie instan sering kali rendah akan nutrisi yang penting bagi tubuh. Meskipun mie instan mengandung karbohidrat yang tinggi, kebanyakan varian tidak memiliki kandungan serat, vitamin, dan mineral yang cukup. Makanan rendah gizi seperti ini dapat menyebabkan kekurangan nutrisi dan penurunan energi dalam jangka panjang.

2. Kandungan Tinggi Garam dan MSG

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Ilustrasi MSG.

Photo :

Mie instan umumnya mengandung jumlah garam yang tinggi dan bahan tambahan seperti monosodium glutamat (MSG) untuk meningkatkan rasa. Konsumsi garam berlebih dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan masalah kesehatan lainnya. MSG juga telah dikaitkan dengan beberapa efek samping seperti sakit kepala, mual, dan gangguan tidur.

3. Tinggi Kalori dan Lemak Jenuh

Ilustrasi mie instant

Photo :

Sebagian besar mie instan mengandung tingkat kalori dan lemak jenuh yang tinggi, terutama jika Anda menambahkan bumbu khususnya berbasis minyak dan lemak. Konsumsi kalori dan lemak berlebih dapat menyebabkan peningkatan berat badan, kenaikan kadar kolesterol, dan peningkatan risiko obesitas.

4. Potensi Gangguan Pencernaan

Sakit perut

Photo :
  • Times of India

Mie instan mengandung bahan-bahan tambahan seperti pengawet, pewarna, dan penguat rasa yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada beberapa orang. Beberapa orang mungkin mengalami gangguan lambung, mulas, atau masalah pencernaan lainnya setelah mengonsumsi mie instan secara teratur.

5. Ketergantungan pada Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji di pesawat

Photo :
  • http://nypost.com

Mengonsumsi mie instan secara teratur selama bulan Ramadan dapat menciptakan ketergantungan pada makanan cepat saji. Ketergantungan ini bisa menyebabkan kebiasaan makan yang tidak sehat dan mengurangi konsumsi makanan yang lebih sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan protein nabati atau hewani.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya