Makanan Balita yang Mengganggu Kesehatan

makanan bayi
Sumber :
  • istock
VIVAlife -
Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal
Memberikan nutrisi terbaik bagi anak, adalah hal yang selalu ingin dilakukan setiap orang tua. Oleh karena itu, terkadang para orang tua akan memberikan jenis asupan apa saja, yang menurut mereka baik untuk sang buah hati. Namun, untuk beberapa kasus, asupan penuh gizi justru bisa membuat tubuh bayi tidak sehat, sebagaimana dilansir Times of India.

Stimulasi Otot Elektrik, Cara Baru Dapatkan Tubuh Bugar

Asupan pertama yang bisa saja berbahaya padi balita ialah susu sapi. Mengapa? Kandungan laktosan pada susu sapi atau bahkan ASI, dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada balita yang memiliki alergi laktosa. Untuk mengatasinya, bunda bisa memilih susu kedelai yang tidak mengandung laktosa, agar si kecil tetap mendapatkan nutrisi lengkap tanpa terserang alergi.
Hilangkan Depresi dengan Lari


Selain susu sapi dan ASI, makanan yang tidak dianjurkan untuk diberikanpada balita, ialah permen dan minuman dengan `rasa` seperti yang dijual di pasar. Asupan tersebut, biasanya memiliki kandungan gula yang banyak karena mengandung pemanis buatan. Pemanis buatan ini berbahaya bagi balita karena bisa memicu obesitas.


Makanan dan minuman yang mengandung pewarna makanan dan bahan pengawet juga sebaiknya dijauhkan dari jangkauan si kecil. Bahan-bahan yang kurang ramah tersebut, dapat mengendap di tubuh balita Anda dan menyebabkannya mudah terkena penyakit.


Selain itu, minuman bersoda, juga bisa berbahaya bagi kesehatan si kecil karena bisa menyebabkan gangguan pencernaan dini pada blita, yang bisa memberikan dampak yang lebih parah ketika anak beranjak dewasa.


Pengawasan orang tua dalam hal ini sangat dibutuhkan. Karena jika tidak diawasi, makanan yang masuk ke tubuh anak, bisa menyakitinya. Dalam kasus balita akan menyebabkan gangguan pencernaan seperti kolik, dan konstipasi yang sangat menyiksa.


Untuk itulah, para orang tua harus super hati-hati dalam mengawasi setiap makanan yang dimakan anak. Agar perut nyaman, kesehatan juga terjaga dengan baik.


Baca juga:




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya