Rahasia Tubuh Langsing Meski Makan Sering

makan siang
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Anda yang sedang dalam upaya menurunkan berat badan, pasti memiliki kebiasaan menunda makan. Hal ini, biasanya dilakukan untuk membatasi tubuh Anda, agar tidak makan terlalu sering, yang dapat menurunkan berat badan.

Menu Makan Siang Istimewa Pilihan Food Panda

Namun, beberapa dari Anda ternyata salah kaprah. Sebab, menunda jam makan justru bisa membuat perut lebih lapar di jam makan berikutnya. Selain itu, makan sering, juga bisa membuat tubuh langsing loh.

Tubuh langsing walau makan sering, berpengaruh pada porsi makanan yang dikonsumsi tentunya. Porsi yang sedikit, adalah pilihan yang paling tepat bagi Anda. Hal ini dibuktikan dengan sebuah penelitian terbaru, yang mengatakan bahwa orang yang makan sering, namun dengan porsi yang lebih kecil, ternyata lebih langsing dan bugar dibandingkan dengan seseorang yang jarang makan tapi memiliki porsi besar dalam sekali makan, begitu HuffingtonPost melansir.

Menurut Elena Tovar, seorang ahli nutrisi dari New York, frekuensi makan yang dimiliki seseorang tidak berpengaruh dengan berat badannya, selama porsi yang dikonsumsi sedikit. "Makan sering, dalam sehari bisa meningkatkan asupan nutrisi sehat ke dalam tubuh, dan mengurangi asupan kalori yang dapat berujung pada penumpukan lemak," ujarnya.

Makan dalam waktu yang sering, menurut Elena, juga mengendalikan rasa lapar, sehingga kita tidak sembarangan makan, seperti yang terjadi saat seseorang menunda makannya. Rasa lapar yang ditunda ini, dapat memunculkan rasa lapar yang berlebih dan semakin menggila di waktu makan berikutnya. Untuk itu, lebih baik makan sering, bukan?

Hasil survei pada penelitian yang dilakukan di Imperial College London, Inggris juga menunjukkan, orang yang frekuensi makannya sering, cenderung akan memakan makanan yang memiliki kandungan lemak yang sedikit, dan tentunya dengan porsi yang kecil. Makanan yang dikonsumsi tersebut juga cenderung lebih sehat seperti buah, sayur, dan makanan yang mengandung nutrisi baik lainnya.

Sedangkan pada orang yang menunda makan, peneliti menemukan kecenderungan konsumsi makanan yang memiliki kalori banyak saat siang, dan beralih pada alkohol di malam hari.

Sebab itu, Elena mengatakan, menunda makan bukanlah hal yang tepat untuk dilakukan, jika Anda ingin menurunkan berat badan. Makanlah pada waktu yang tepat, porsi yang tepat, dan mengandung nutrisi yang lengkap. (asp)


Gak Ada Takutnya, Maling Curi Mobil Dinas Brimob Polda Papua saat Parkir di Bandara Sentani

Baca juga:

Terpopuler: Viral Mobil Pikap Pelat Cantik, Gaji UMR Bisa Punya Pajero Sport

Ilustrasi bekerja di kantor.

Studi: Makan Bersama Teman Kantor Tingkatkan Performa Kerja

Seluruh peserta studi kemudian diamati selama 15 bulan.

img_title
VIVA.co.id
14 Desember 2015