Dokter: Sandal Jepit Bahayakan Kesehatan Tulang

Ilustrasi kaki
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Menggunakan sepatu high heels untuk wanita berisiko menyebabkan gangguan tulang. Namun, ternyata tak hanya sepatu hak tinggi, bahaya juga bisa berasal dari sandal jepit. Bahkan, sandal jepit jauh lebih berbahaya dari menggunakan sepatu.

Stimulasi Otot Elektrik, Cara Baru Dapatkan Tubuh Bugar

Hal ini dikemukakan Dr. Tariq Khan, seorang Konsultan Podriatri dari Marigold Clinic, University College Hospital, London. Tariq mengungkapkan, sandal jepit memiliki bahaya yang cukup besar terkait kerusakan tulang, hingga munculnya bahaya infeksi membahayakan.

"Struktur sandal jepit, yang membuat kedua jari mengepit bagian sandal, dapat memberikan tekanan berlebih pada kaki, sama seperti tekanan yang ada saat menggunakan sepatu hak," ujar Tariq seperti dilansir Dailymail.

Hilangkan Depresi dengan Lari

Hal ini tentunya bisa menyebabkan risiko yang sama dengan penggunaan sepatu tinggi.

Memakai sandal jepit juga bisa meningkatkan risiko jatuh dan kecelakaan saat berjalan. Hal ini dibuktikan dengan data yang menunjukkan, sandal jepit turut andil dalam menyebabkan sebanyak lebih dari 1 juta kematian karena kecelakaan kecil di jalan.

Guna mengurangi risiko, hindari penggunakan sandal jepit dan sepatu hak tinggi yang berlebihan. Gunakanlah sepatu tanpa hak dengan bahan lembut dan penyerap keringat, agar sepatu bisa lebih nyaman. Selain itu, rutin melakukan pijatan ringan pada kaki, agar keluhan nyeri ataupun infeksi dapat dihindari.

Deodorant Picu Kanker Payudara?

(mus)

Ilustrasi pelayanan medis.

Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal

Baik berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm).

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016