Riset: Jamur Ampuh Atasi Masalah Berat Badan

Ilustrasi jamur
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Jamur, adalah jenis tanaman yang banyak ditemukan di Indonesia, sesuatu yang membuatnya cukup banyak dikonsumsi. Khasiat jamur, diketahui dapat memberi dampak baik pada kesehatan, yakni melindungi kita dari risiko penyakit paru-paru, jantung, hingga kanker. Namun tahukah Anda, mengonsumsi jamur juga bisa menangani masalah berat badan. Ini penjelasannya:

Sebuah penelitian mengungkap kebaikan jamur, dalam hal ini jamur Reishi, bisa menurunkan risiko masalah berat badan seperti obesitas, yang jika dibiarkan bisa memicu penyakit lain dalam tubuh. Kebaikan jamur reishi juga bisa menurunkan tingkat peradangan dan menyeimbangkan kadar insulin dalam tubuh.

Dilansir dari Daily Mail, para peneliti yang berasal dari Chang Gung University di Taiwan ini menemukan fakta, bahwa kandungan ganoderma lucidium dalam jamur reishi, bisa menurunkan berat badan dan mencegah terjadinya obesitas.

"Kandungan ganoderma lucidium dalam jamur, terbukti memodulasi mikroba di dalam perut, sehingga menjauhkan kita dari masalah berat badan," ujar salah satu peneliti, setelah mengamati beberapa sampel tikus yang diamati. Metode ini terinspirasi dari obat-obatan tradisional asal China.

Turut berpendapat mengenai hal ini, Professor Colin Hill, mikrobiologis dari University College Cork di Irlandia yang mengatakan, pengobatan tradisional ini, bisa jadi memberi manfaat ampuh untuk Anda yang memiliki masalah berat badan.

"Namun keadaan tak akan menjadi lebih baik, jika gaya hidup Anda belum dibenahi. Terutama untuk yang gemar meminum minuman kemasan yang mengandung pemanis dan soda," ujarnya.

Untuk itu Colin menyatakan, adanya pengobatan tradisional maupun modern untuk mengatasi segala jenis masalah kesehatan, akan optimal jika Anda juga mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Stimulasi Otot Elektrik, Cara Baru Dapatkan Tubuh Bugar

"Obesitas bisa menyebabkan gangguan kesehatan lain seperti gangguan tidur, depresi, maslah jantung, diabetes, hingga kanker," katanya.

Ilustrasi pelayanan medis.

Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal

Baik berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm).

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016