Penyebab Tak Biasa dari Kasus Dehidrasi

Kulit kering.
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Alasan Tubuh Membutuhkan Air Setiap Hari
- Di musim kemarau yang masih berlangsung (meski ini sudah bulan September yang harusnya mulai hujan), dehidrasi adalah salah satu gangguan kesehatan yang harus diwaspadai. Hal ini berhubungan dengan meningkatnya suhu dan cuaca yang kian panas.

Mengenal Macam Dehidrasi dan Cara Mengatasinya

Baca juga:
Menakar Jumlah Kebutuhan Cairan untuk Tubuh


Namun, selain panasnya suhu udara, ternyata dehidrasi juga bisa disebabkan beberapa hal lain yang mungkin tak pernah Anda ketahui. Apa saja itu? Simak ulasannya dilansir dari
Boldsky
.


Datang bulan


Salah satu penyebab dehidrasi yang tak biasa, adalah masa datang bulan. Ya, pada saat datang bulan, terjadi ketidakimbangan kadar hormon dalam tubuh. Hal inilah yang menyebabkan kadar air berkurang dan dehidrasi datang. Sebelum kurangnya kadar air memengaruhi mood dan energi, pastikan selalu mengasup air putih dengan cukup dan optimal.


Obat-obatan


Beberapa jenis obat, terutama yang diperuntukkan untuk mengatur kadar tekanan darah, ternyata juga bisa memberikan efek samping dehidrasi. Untuk itu, pastikan Anda mencukupi asupan air putih saat menjalani pengobatan.


Menyusui


Beberapa ibu menyusui, terkadang mengalami gejala dehidrasi di masa pemberian ASI eksklusif. Dehidrasi ini, terjadi karena perpindahan cairan tubuh dari ibu ke anak dalam wujud ASI. Inilah yang membuat Anda, para ibu semestinya mencukupi asupan air putih agar kesehatan tubuh terjaga.


Penuaan


Saat usia tak lagi muda, tubuh akan mengalami penurunan kualitas yang salah satunya berhubungan dengan kadar air dalam tubuh. Pada lansia, penurunan kualitas tubuh membuat otak kesulitan menerima sinyal yang menandakan rendahnya kadar air dalam tubuh. Untuk itulah, cukupi dengan air putih untuk tubuh, agar kesehatan di hari tua terjaga.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya