Kemasukan Air di Telinga, Ini Cara Menghilangkannya

Ilustrasi Telinga.
Sumber :

VIVA.co.id - Saat berenang atau mandi terkadang air tak sengaja masuk ke dalam telinga. Hal ini sangat mengganggu karena telinga Anda terasa seperti berdengung.

Perhatikan Tiga Hal Saat Bersihkan Telinga

Selain mengganggu indra pendengaran, air yang terlalu lama berada di dalam telinga bisa meningkatkan risiko infeksi, sakit kepala, migrain, dan sinusitis. Oleh karena itu, ketika hal ini terjadi pada Anda, segera lakukan hal-hal berikut ini seperti dilansir laman Boldsky.

Melompat
Berbahaya Cotton Buds Bagi Telinga

Hal ini mungkin terdengar konyol. Tapi faktanya cara ini berhasil mengeluarkan air dari telinga. Miringkan kepala Anda ke sisi telinga yang ada airnya. Setelah itu lompat. Cara ini bisa Anda lakukan langsung setelah telinga kemasukan air.
Membantu Anak dengan Gangguan Pendengaran Meraih Mimpi

Gerakan rahang 

Cara terbaik berikutnya untuk mengeluarkan air dari telinga Anda adalah dengan membuka atau menurup rahang Anda, atau menguap. Lakukan latihan sederhana ini selama sekitar 10 menit, setelah itu air akan mengalir keluar dari telinga. 

Tarik daun telinga 

Telinga memiliki saluran yang kecil dan hal inilah yang membuat air terjebak di dalamnya. Untuk menghilangkan air yang terjebak, tarik kuping agar mempermudah air keluar dari telinga. 

Opsi terakhir 

Opsi terakhir untuk mengeluarkan air dari telinga adalah menyerahkan pada yang ahli, dengan kata lain dokter. Ketika air tidak kunjung keluar dari telinga Anda, dokter spesialis THT bisa menjadi solusi dari masalah ini.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya