Ketahui Tanda Awal dari Gejala Stroke

Ilustrasi stroke
Sumber :
  • Freewallpaper

VIVA.co.id – Penyakit stroke merupakan penyakit yang menyerang otak dan membuat lumpuh sebagian tubuh. Umumnya penyakit ini datangnya mendadak.

Polisi Ungkap Detik-detik Penemuan Ibu dan Anak Tewas Dalam Rumah di Cilandak Jaksel

Dapat dikatakan penyakit stroke ini merupakan penyakit yang  ditandai dengan kematian jaringan otak (infark serebral). Hal ini disebabkan karena adanya penyumbatan, penyempitan atau pecahnya pembuluh darah menuju otak sehingga pasokan darah dan oksigen ke otak berkurang.

Beberapa tanda dari penyakit stroke, seperti mengalami rasa bebal atau kehilangan rasa, lemas pada wajah, linglung, bingung dan sulit bicara. Bila mengalami hal ini sebaiknya jangan dibiarkan karena bukan tidak mungkin akan menjadi parah.

Kaya Protein Hingga Cegah Stroke, Jangan Lupa Masukkan Seafood ke Menu Ramadhan

“Apabila kita melihat seseorang dengan gejala pelo, wajah mencong, kesemutan atau kelemahan sebelah wajah atau badan, kemungkinan besar hal itu disebabkan oleh serangan stroke. Orang tersebut harus segera dibawa ke UGD RS yang memiliki fasilitas penanganan stroke yang baik, sebab dalam hal ini, Time is Brain," ujar spesialis saraf Siloam Hospitals Surabaya dr A.Iskandar,SpS dalam siaran media yang diterima VIVA.co.id, Kamis, 28 April 2016.

Ia menambahkan bahwa terdapat beberapa tanda, seperti penglihatan mendadak kabur, sukar berjalan, dan kehilangan keseimbangan.  

Wafat di Usia 97 Tahun, Solihin GP Sempat Enam Kali Alami Stroke hingga Lumpuh

Penanganan pasien darurat stroke dilakukan dengan protokol response time yaitu sejak pasien tiba di unit gawat darurat, akan segera dilakukan serangkaian pemeriksaan termasuk diagnostic Imaging (CT/MRI). Kemudian dalam kurun waktu 45 menit, diagnosa stroke pendarahan atau infark sudah dapat dilakukan oleh dokter spesialis saraf.

Proses Evakuasi Jasad Suami Bakar Istri di Jayapura. (Foto:Damkar Kota Jayapura)

Sadis! Suami Bakar Istri di Jayapura Gara-gara Sakit Stroke

Suami di Jayapura Bakar Istri hingga Hangus Gara-gara Sakit Stroke

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024