Terungkap Lima Alasan Orang Selalu Merasa Lapar

Ilustrasi makan
Sumber :
  • pixabay

VIVA.co.id – Membuka lemari es atau lemari dapur, selalu merasa lapar padahal sudah makan. Hal ini tentu pernah dialami banyak orang. Pola 'ambil dan pergi' seolah menjadi jalan hidup. Rasa lapar ini tidak akan hilang sampai seseorang berhenti melakukan apa yang biasa dilakukan dan mengatasi apa yang dibutuhkan tubuh.

Trik Lawan Rasa Lapar Saat Puasa

Kita semua memiliki hormon lapar yang membuat pola naik turun tersebut, hormon ini yang berperan untuk membuat kita merasa lapar atau kenyang. Hormon Leptin dibuat oleh sel lemak, menurunkan nafsu makan, di sisi lain Ghrelin dibuat dalam perut dan meningkatkan selera makan.

Saat lapar, ghrelin meningkat, memberikan tanda pada otak saat sedang merasa lapar, dan akan rendah setelah makan. Secara umum, semakin banyak lemak yang dimiliki dalam tubuh, semakin banyak leptin yang dihasilkan, karena itu cenderung semakin sedikit makanan yang dikonsumsi.

Naik 39,94 Persen, Laba Alfamidi Group Capai Rp 158,57 Miliar di Kuartal I-2024

Orang yang lebih kurus biasanya memiliki leptin lebih sedikit, karena itu mereka akan lebih mudah lapar, karena otak tidak menerima pesan untuk makan sedikit atau berhenti makan. Namun, bagi orang dengan berat badan berlebih atau obesitas, mekanisme ini telah rusak, terjadi resistensi leptin. Berikut ini lima alasan orang selalu merasa lapar, seperti dilansir dari Dailymail.

Konsumsi karbohidrat

Mabes Polri Turut Bantu Buru 3 DPO Kasus Pembunuhan Vina di Cirebon

Karbohidrat seperti beras putih, pasta putih, roti putih, hanya sedikit yang tersisa untuk proses pencernaan, dan gula cepat dikeluarkan dalam aliran darah. 

Hormon insulin memindahkan gula darah ini dan lonjakan gula dengan cepat diikuti oleh penurunan tajam gula darah. Untuk itu sebaiknya karbohidrat diganti dengan versi yang lebih lengkap, seperti beras cokelat, pasta cokelat, dan roti gandum.

Tidak menambahkan protein

Protein akan menjaga perut terasa kenyang. Tambahkan protein berkualitas dalam menu sehari-hari, seperti telur, tuna, edamame, batang seledri. 

Tidak makan cukup lemak

Sama seperti protein, lemak juga merupakan nutrisi kompleks, yang memerlukan waktu lama untuk mengurai, sehingga akan ada dalam perut beberapa waktu. Untuk mendapatkannya, bisa mencoba alpukat, scrambled egg, salad.

Tidak ada serat

Idealnya, setengah piring seharusnya dibuat dari sayur. Serat dan air yang ada dalam sayur bisa membuat orang tetap merasa kenyang dalam waktu cukup lama.

Konsumsi buah terlalu banyak

Meski buah mengandung gula alami, fructose, gula dan konsumsi harus dibatasi pada maksimum dua prosi per hari.

Untuk camilan yang lebih tahan lama, padukan protein dengan serat yang akan memuaskan serta menjaga tetap merasa kenyang dalam waktu lama.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya