Ini Waktu yang Dibutuhkan untuk Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi olahraga.
Sumber :
  • Pixabay/provideos

VIVA.co.id – Banyak orang mengetahui bahwa olahraga baik untuk tubuh dan bisa mengurangi berat badan. Tapi, berapakah waktu olahraga yang dibutuhkan untuk dapat menurunkan berat badan?

6 Tips Super Mudah Agar Tetap Wangi Setelah Berolahraga Intensif

Dilansir laman Dailymail, beberapa ahli menyarankan olahraga dengan waktu yang singkat dan berat. Sementara itu, ahli lainnya berpendapat olahraga yang moderat dengan waktu yang lama memberikan manfaat kesehatan yang paling baik.

Kabar baiknya adalah, manfaat yang paling signifikan berasal dari olahraga yang sedikit, klaim studi terbaru. Hanya lima menit sehari berolahraga yang kuat seperti berlari, atau 15 menit jalan cepat atau naik sepeda adalah yang dibutuhkan oleh tubuh Anda untuk menurunkan berat badan. 

Banyak Makan Manis dan Berlemak Saat Lebaran, Lakukan Tips Ini untuk Tetap Sehat

Dalam studi terbaru, Dr. Thijs Eijsvogels dan Dr. Paul Thompson membandingkan efek dari jumlah yang bervariasi olahraga moderat dan kuat pada tingkat penyakit serta mortalitas kardiovaskular.

Mereka menemukan 'dosis efektif terendah' yang merupakan jumlah terkecil olahraga membuat perbedaan untuk kesehatan setara dengan 105 menit sepekan.

5 Cara Detoks Pikiran untuk Mencegah Stres Makin Parah, Salah Satunya Meditasi

Hal ini di bawah rekomendasi badan kesehatan untuk orang dewasa, yang menyarankan 150 menit aktivitas moderat per pekan. Aktivitas moderat akan meningkatkan denyut jantung dan membuat Anda bernapas lebih cepat serta merasa lebih hangat.

Para ilmuwan juga mengutip penelitian Denmark yang menyarankan untuk meningkatkan jumlah olahraga yang tidak berbahaya bagi kematian, dengan melakukan 240 menit per pekan, ternyata tidak mempunyai kesehatan tambahan.

Namun, dokter Eijsvogels dan Thompson menekankan olahraga adalah kunci untuk kesehatan yang lebih baik, mereka juga tidak akan mencegah orang untuk melakukan lebih banyak olahraga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya