Ketahui Sumber Mineral yang Dibutuhkan Tubuh

Ilustrasi sayuran
Sumber :
  • Pixabay/Meditations

VIVA.co.id – Seperti nutrisi lainnya yang penting bagi tubuh, mineral juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan. Meski kebutuhan mineral bagi tubuh hanya 15 persen saja dibandingkan dengan protein, lemak, dan karbohidrat, wajib diperhatikan asupannya melalui makanan yang dikonsumsi.

Waspada, Ini Tanda Tubuh Kekurangan Asupan Mineral

Saat menghadiri konferensi pers Gerakan Indonesia Sehat di Jakarta, Selasa, 23 Agustus 2016, dr. Ulul Albab, SpOG, dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengatakan, mineral tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Oleh karena itu, kebutuhan mineral dipenuhi melalui asupan makanan dan minuman dari luar.

Setiap makanan mengandung mineral yang berbeda-beda. Jumlah komposisi mineralnya pun berbeda. Misalnya natrium, yang menjadi bahan dasar membentuk garam, banyak terdapat di minuman. Atau, antioksidan seperti selenium banyak terdapat pada makanan berjenis biji-bijian makanan buah dan sayur lainnya.

Bahaya Mengerikan Saat Tubuh Kekurangan Zat Gizi Mikro

Sehingga konsumsi makanan harus disesuaikan dengan kebutuhan mineral yang kita perlukan. Contohnya kalsium yang dapat menopang fungsi pertumbuhan anak, gigi, tulang, serta diperlukan saat proses persalinan.

Mineral memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh. Karenanya kita diwajibkan untuk mengonsumsi makanan sehat agar kebutuhan mineral tetap terpenuhi.

Bintik Putih di Kuku Tanda Kurang Mineral

"Kekurangan mineral dapat menyebabkan penyakit metabolik seperti kencing manis, jantung, dan stroke," kata Ulul.


 

Penjualan Kolang Kaling Meningkat

Menjelajahi Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan

Siapa yang tidak kenal caruluk atau kolang kaling? Si mungil yang kenyal dan segar ini tidak hanya jadi pelengkap hidangan dan menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024