Asah Kemampuan Anak dengan Permainan Menyenangkan

Ayah dan anak.
Sumber :
  • Pixabay/ Ulilink

VIVA.co.id – Akan sangat menyenangkan bagi si kecil saat diajak bermain oleh ayah tercinta. Tapi, seringkali sosok ayah ini jarang ada di samping buah hati. Mereka sibuk bekerja demi memenuhi kebutuhan keluarga.

Tips Memberi Pemahaman Soal Keuangan kepada Anak

Namun tak ada salahnya, luangkan waktu setiap hari untuk bermain bersama si kecil. Cukup satu jam sebelum ke kantor atau sebelum tidur, ajak si kecil bermain.

Perlu dipahami bahwa tiga aspek yang harus ditingkatkan pada si kecil yaitu motorik, kognitif dan berbahasa. Ketiga hal tersebut, menurut psikolog anak, Naomi Soetikno memungkinkan untuk diberikan dari sosok seorang ayah.

Moms, Ini Cara agar Tak Mudah Stres dan Bisa Bonding dengan Anak

"Saat mendengar kata ayah, pasti teringat sikapnya yang cenderung kaku kepada anak. Padahal, sosok ayah ini bisa memberikan kemampuan motorik, kognitif dan berbahasa pada anak melalui banyak hal, salah satunya permainan," ucapnya saat ditemui VIVA.co.id di acara Baby Happy, Aku & Ayah Happy Day's Out, di Mal Kota Kasablanka, Jakarta.

Untuk permainan yang mengasah kemampuan motorik si kecil, Naomi menyarankan dengan cara adu merangkak antara ayah dan anak. Selain itu, permainan yang mengasah kemampuan kognitif anak salah satunya yaitu menyusun balon.

7 Perilaku Gaslighting Orangtua pada Anak, Banyak yang Gak Sadar

"Motorik kasar dengan adu merangkak, lalu asah logika berpikirnya dengan susun balon. Terakhir, asah kemampuan berbahasa dengan menceritakan dongeng pada si kecil," tambahnya.

Naomi menuturkan, permainan yang diberikan sebaiknya yang juga meningkatkan kesenangan dan kenyamanan pada anak. Oleh karena itu, ia menyarankan agar ayah bisa mengajak si kecil untuk bermain yang memicu kebahagiaan padanya.

"Ayah bermainlah untuk kesenangan anak. Anaknya bahagia bukan artinya berkompetisi yang akhirnya timbul kecewa pada diri anak. Tidak peduli siapa yang menang atau kalah, karena diutamakan kesenangannya dulu," kata dia.

Ilustrasi Ayah dan Anak

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya