Berenang Saat Menstruasi, Kenali Bahayanya

Ilustrasi wanita berenang
Sumber :
  • Pixabay/ Unsplash

VIVA.co.id – Menstruasi atau haid atau datang bulan adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Periode ini penting dalam hal reproduksi. Pada manusia, hal ini biasanya terjadi setiap bulan antara usia remaja hingga menopause.

Kenapa Vagina Wanita Bau Seperti Ikan Amis Busuk?

Siklus ini merupakan siklus alami. Kendati demikian, beberapa aktivitas sebaiknya tidak dilakukan saat menstruasi, salah satunya berenang.

Sebenarnya, saat berenang, vagina akan dengan sendirinya beradaptasi dengan cara kolaps. Kondisi tersebut merupakan salah satu barrier atau pencegahan bakteri masuk ke dalam vagina.

Olahraga Ini Ampuh Bakar Lemak Opor dan Rendang, Bye-bye Perut Buncit!

"Karena adanya tekanan tinggi di luar vagina saat berenang, maka dengan sendirinya otot vagina akan saling kolaps satu sama lain agar bakteri atau benda asing lain tidak masuk ke dalam. Kondisi ini yang sebabkan darah mens tidak mengalir saat ada di kolam berenang," ujar Spesialis ObGyn, dr. Liva Wijaya, SpOG, di Media Workshop Betadine Feminine Hygiene di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis 6 Oktober 2016.

Disarankan olehnya, sebaiknya saat darah menstruasi masih mengalir, tidak berenang meskipun ada pertahanan dari area kewanitaan tersebut. Sebab, terbukanya pembuluh darah dari aliran menstruasi, dikhawatirkan bakteri akan mudah masuknya. Tak hanya itu, jamur dan benda asing lainnya akan mudah bersarang saat Anda sedang berenang.

Tak Gentar Gelap dan Ombak, Kowad Cantik Berenang Taklukkan Selat Sunda Sejauh 39 Kilometer

"Nggak disarankan karena kondisi menstruasi sendiri memang sudah mengubah pH dari vagina, jadi kalau bakteri sudah masuk ke dalam, rentan terjadinya infeksi. Intinya saat mens, hindari aktivitas renang meski darahnya memang tidak akan mengalir di kolam renang," kata dia.

Untuk perempuan yang berprofesi sebagai atlet renang, Liva mengakui ada obat tertentu yang diberikan untuk melindungi area kewanitaan dari bakteri yang masuk. Namun, bagi masyarakat umum, Liva masih memberi keleluasaan jika sudah dalam tahap hari-hari akhir menstruasi.

"Kalau sudah hitungan hari-hari akhir mens, darah sebenarnya sudah nggak mengalir lagi tapi yang ada di dalam adalah cairan sisanya aja. Jadi karena tempat darah mengalir sudah menutup, diperbolehkan berenang," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya