Usai Melahirkan, Ibu Tetap Bisa Berolahraga

Ibu dan anak.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Olahraga adalah hal yang wajib dilakukan untuk menjaga kebugaran sekaligus kesehatan tubuh, termasuk bagi ibu hamil dan ibu yang baru melahirkan. Tentunya gerakan dan beban disesuaikan dengan kondisi fisiknya.

78 Pegolf Bersaing di Internasional Amateur Golf Championship 2024

Sayangnya, banyak ibu yang baru melahirkan memilih untuk menunda melakukan olahraga. Padahal, olahraga post-natal atau pasca melahirkan sangat bermanfaat bagi mereka.

Ini yang kemudian menginspirasi Adianto Reksoprodjo untuk membentuk Fit Mum and Bub, yakni sebuah sistem fitness kesehatan ibu dan anak yang menggunakan gendongan bayi.

Terpopuler: Kebiasaan Orang Selingkuh di Malam Hari, Potret Mahalini-Rizky Febian saat Akad Nikah

"Sesi olahraga yang menyegarkan sangat membantu mencegah baby blues atau postpartum distress syndrome. Sebuah kondisi di mana muncul perasaan gundah gulana atau sedih yang dialami para ibu pascamelahirkan karena menurunnya hormon estrogen. Salah satu solusi paling mudah adalah olahraga," ujar Adianto dalam rilis yang diterima VIVA.co.id, Kamis, 24 November 2016.

Sewaktu berolahraga, tubuh secara natural akan memproduksi hormon endorfin yang membuat Anda merasa senang dan meningkatkan kekebalan tubuh. Karena itu, sesi olahraga Fit Mum and Bub ini dibuat menyenangkan bagi ibu dan anak.

Pakai Sepatu Lari Buat Olahraga di Gym, Hati-hati Bisa Bikin Cedera Ini

Adianto menjelaskan, saat ibu dan anak memproduksi hormon endorfin, waktu berolahraga akan penuh tawa dan keceriaan, serta menjadi waktu bonding antara ibu dan anak. Selain itu, aktivitas ini sehat dan baik untuk meningkatkan sistem imunitas ibu dan bayi yang masih kecil.

"Dengan berolahraga, anak akan melatih gerakan motorik kasar yang menunjang perkembangan otot dan pertumbuhannya. Olahraga ini juga membantu ibu agar fit dan kembali ke bentuk badan dan berat badan sebelum melahirkan," dia menambahkan.

Kejuaraan olahraga otomotif bertajuk IMI X IOF Challenge 2024

Offroad IMI X IOF Challenge Sukses Digelar, Bamsoet Ingin Ada Lagi Gelaran Kolaborasi

Kejuaraan olahraga otomotif bertajuk IMI X IOF Challenge 2024 yang digelar di Sirkuit Purangga Park, Kebumen, Jawa Tengah pada 10-12 Mei, telah selesai dilaksanakan.

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2024