Kebiasaan Ini Bisa Picu Bengkak di Beberapa Bagian Tubuh

Ilustrasi menulis.
Sumber :
  • Pixabay/ StartupStockPhotos

VIVA.co.id – Sering mengalami bengkak di beberapa bagian tubuh? Mungkin hal itu disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan buruk yang Anda jalani.

Terpopuler: 6 Cara Buat Suami Bertahan di Atas Ranjang hingga 7 Manfaat Tempe bagi Kesehatan Tubuh

Bengkak di beberapa bagian tubuh seperti tangan, jari, wajah dan perut, cenderung disebabkan oleh asupan garam berlebihan.

"Saat Anda mengonsumsi garam, hal itu membuat cairan turun ke peredaran darah arteri, vena, dan kapiler dan mengantarnya ke jaringan, menyebabkan cairan menumpuk di beberapa bagian," ujar penulis The Clinician's Guide to the Treatment of Obesity, Adrienne Youdim, MD.

8 Manfaat Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Berat Badan!

Namun, selain disebabkan karena asupan garam berlebih, bengkak di beberapa bagian tubuh juga bisa disebabkan oleh hal lain. Kebiasaan buruk, kadang bisa juga membuiat sejumlah bagian tubuh mengalami bengkak. Berikut beberapa kebiasaan buruk yang membuat tubuh membengkak beserta solusinya, dikutip laman Prevention.

1. Rutin makan di restoran

Ngeri! Dampak Buruk Begadang bagi Kesehatan, Berisiko Kematian

Semakin sering Anda konsumsi makanan dari restoran, semakin rentan Anda alami bengkak. Rata-rata makanan di restoran mengandung setidaknya 2300 mg sodium dalam satu makanan yang Anda pesan.

Jika hal ini sering Anda lakukan, segera minum banyak air mineral atau hindari kopi dan teh. Sebab, ginjal membutuhkan setidaknya 24-48 jam untuk memproses sodium yang Anda konsumsi.

2. Duduk atau berdiri terlalu lama

Saat Anda terlalu lama diam untuk duduk maupun berdiri, cairan akan rentan berkumpul di kaki. Sehingga, disarankan agar tiap individu memasang waktu untuk berjalan setiap 1-2 jam agar meningkatkan peredaran darah ke seluruh tubuh.

3. Di pesawat

Duduk terlampau lama di kursi pesawat dan tidak ada pergerakan, memang membuat kaki kram. Namun, tekanan dari kabin pesawat juga mampu membuat cairan berkumpul ke jaringan tubuh. Untuk itu, direkomendasikan saat dalam pesawat, lakukan pergerakan kecil namun sering untuk membuat aliran darah lancar ke seluruh tubuh.

4. Ada penyakit

Bengkak juga bisa menjadi gejala adanya kondisi medis yang serius di tubuh yang sering dikenal dengan trombosis vena. Keadaan itu merupakan formasi dari peredaran darah yang membeku di peredaran darah vena. Jika darah yang membeku itu lepas dan beredar ke paru-paru, berpotensi terjadinya penyakit yang lebih parah yaitu pulmonary embolisme.

Biasanya hal ini disebabkan karena duduk terlalu lama, ada riwayat operasi, merokok, dan pil KB. Untuk itu, segera temui dokter terdekat jika bengkak yang dialami sudah terlihat berbahaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya