Obat Nyamuk Picu Anak Laki-laki Alami Puber Lebih Dini

Ilustrasi spray nyamuk.
Sumber :
  • Pixabay/Chezebeate

VIVA.co.id – Pestisida yang biasa digunakan di dalam ruangan atau obat nyamuk untuk membasmi nyamuk dan serangga dalam ruangan, ternyata dapat menyebabkan anak laki-laki mencapai kematangan seksual sebelum waktunya.

Waspada, Dokter Sebut Bahan Kimia di Obat Nyamuk Bisa Picu Kanker

Sebuah penelitian, piretroid menyumbang lebih dari 30 persen penggunaan insektisida global, kata pemimpin penelitian Jing Liu, Associate Professor di Zhejiang University di Hangzhou, Cina. Zat kimia ini dikenal sebagai bahan kimia endokrin yang mengganggu hormon tubuh.

Piretroid adalah senyawa kimia yang terkandung dalam obat nyamuk. Senyawa ini mengandung racun axonix yang berbahaya bagi saraf manusia.  

Awas, Bahaya Nonton Video Syur Picu Remaja Pubertas Dini

“Kami melihat piretroid ini sebagai kontributor baru yang memicu kedewasaan seksual sebelum waktunya pada anak laki-laki,” kata Profesor Liu, seperti dilansir dari laman Indian Express.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa pubertas dini meningkatkan risiko penyakit di masa dewasa, misalnya, kanker testis pada pria dan kanker payudara pada wanita. Pubertas dini juga dapat menghambat pertumbuhan dan menyebabkan masalah perilaku.

Usai Divonis Kanker Testis, Striker Borussia Dortmund Ini Siap Merumput

Dalam studi yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan ke-99 Endocrine Society di Orlando, tim memeriksa 463 anak laki-laki Cina berusia 9 sampai 16 tahun.

Mereka menemukan bukti paparan terbaru piretroid ternyata bereaksi terhadap urine manusia sebagai metabolit atau molekul, yang disebut asam 3-phenoxybenzoic (3-PBA). Sementara itu, peningkatan 10 persen dalam 3-PBA dikaitkan dengan peningkatan empat persen hormon yang memacu produksi testosteron pada laki-laki.

Liu mengungkapkan bahwa peningkatan 3-PBA membuat seorang anak berada di stadium lanjut dari perkembangan alat kelamin sekitar 73-110 persen.

“Mengingat meningkatnya penggunaan insektisida piretroid (pada obat nyamuk), kita harus hati-hati menilai bahan kimia ini untuk risiko mereka untuk kesehatan anak-anak,” kata Liu. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya