Konsumsi Buah Berpotasium Mampu Kontrol Tekanan Darah

Ilustrasi pisang
Sumber :
  • Pixabay/Security

VIVA.co.id – Studi terbaru menemukan bahwa beberapa jenis makanan, tidak hanya ampuh membuat tubuh langsing, tapi juga mampu menurunkan tekanan darah. Beberapa jenis makanan tersebut terdiri dari buah dan sayur yang kaya akan kandungan potasium.

Tertulis di Alquran, 6 Buah Ini Punya Khasiat Luar Biasa untuk Singkirkan Penyakit

Dilansir dari laman Medical Daily, studi tersebut menuturkan beberapa jenis buah dan sayur yang mengandung tinggi potasium seperti ubi jalar, alpukat, bayam, kacang, dan pisang. Jenis makanan kaya akan potasium itu mampu membantu mengurangi tekanan darah yang tinggi.

Studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Physiology-Endocrinology and Metabolism, menemukan bahwa konsumsi makanan tinggi potasium, dapat membantu mengurangi tekanan darah, meski tubuh telah mengonsumsi jumlah garam berlebih. Para peneliti menganalisa asupan potasium, yang kemudian dilihat dalam urine para partisipan.

Siapkan Menu Sehat untuk Sahur dan Buka, Begini Cara Simpan Sayuran Agar Awet Segar

Kemudian, para peneliti melihat seberapa besar pengaruh asupan potasium memengaruhi tekanan darah dan asupan sodium. Hasilnya, semakin tinggi asupan potasium, berkaitan dengan rendahnya tekanan darah. Peneliti yakin, efek tekanan darah ini akan terus stabil, meski asupan garam atau sodium, dilakukan.

"Saat konsumsi potasium semakin tinggi, ginjal akan mengeluarkan lebih banyak garam dan air, di mana meningkatkan eksresi potasium," ujar pemimpin studi, Alicia McDonough.

Bisa Tingkatkan Libido, Konsumsi Buah Ini Bikin Urusan Ranjang Jadi Makin Erotis

Jadi, secara tidak langsung, konsumsi tinggi potasium, sama efeknya seperti diuretik. Dengan terkontrolnya tekànan darah, meningkatkan pencegahan pada ragam penyakit lainnya.

Ilustrasi diabetes.

5 Buah Manis yang Berbahaya Bagi Penderita Diabetes, Apa Saja?

Diabetes merupakan kondisi medis yang memengaruhi cara tubuh anda memproses gula darah. Makanan dan minuman yang dikonsumsi memiliki dampak langsung pada kadar gula darah

img_title
VIVA.co.id
3 April 2024