Berjemur, Cara Termurah Penuhi Kebutuhan Vitamin D

Ilustrasi cuaca panas
Sumber :
  • Pixabay/sasint

VIVA.co.id – Vitamin D sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang. Namun, vitamin ini sangat sulit ditemukan, khususnya dalam bentuk makanan.

Dokter Ungkap Penyebab Tulang Jadi Keropos, Salah Satunya Jarang Aktivitas Fisik

Cara paling murah dan tepat mendapatkan vitamin D yakni melalui sinar matahari. Sayangnya, pemakaian tabir surya sendiri menghambat penyerapan vitamin D secara utuh di dalam tubuh.

"Vitamin D itu bisa dari makanan dan sinar matahari, tapi paling bagus yaitu sinar matahari dan langsung diaktifkan di bawah kulit. Tapi, pemakaian sunblock dan kaos lengan panjang itu mengurangi penyerapan vitamin D dari sinar matahari itu," ujar Kepala Departemen Medik Ilmu Gizi RSU Cipto Mangunkusumo, Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MS, MSc, SpGK (K) saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta, Senin 8 Mei 2017.

Berjemur Pakai Bikini di Kuil, Dua Bule Polandia Minta Maaf Usai Dihujat Netizen

Untuk itu, Fia menganjurkan agar masyarakat mau untuk lebih aktif bergerak di luar ruangan. Sebab, meski hanya beberapa menit, paparan sinar matahari sangat berguna untuk tubuh.

"Misal pas jam makan siang, coba jalan keluar kantor sekalian cari makan. Paparan sinar matahari paling bagus kalau dekat jam 12 siang, karena itu jarak dari bumi ke matahari paling dekat sehingga vitamin D paling banyak," ucapnya melanjutkan.

7 Buah Kering Kaya Vitamin D, Cocok Buat Stok Camilan Sehat di Rumah

Namun, paparannya juga tidak dianjurkan terlalu lama yakni hanya 15 menit. Sebab, risiko kanker kulit mengintai pada paparan sinar ultraviolet (UV) yang terlalu lama. Meski begitu, masih ada hal lain yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup.

"Bisa dapat sinar matahari yang jam 8 pagi atau 5 sore, meski enggak terlalu banyak. Tapi itu mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin D,” katanya.

Banjir Dubai

4 Kelakuan Kocak Masyarakat Dubai Saat Banjir Ada yang Main Jetski sampai Berjemur

Akibat banjir tersebut, semua entitas pemerintah dan sekolah, instansi swasta Dubai diinstruksikan untuk bekerja jarak jauh pada Selasa lalu karena kondisi cuaca.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024