Waspada, Polusi Udara Picu Serangan Jantung dan Stroke

Polusi udara di Kota Beijing, China.
Sumber :
  • REUTERS/Kim Kyung-Hoon

VIVA.co.id – Polusi udara, yang kerap terjadi di kota-kota besar, memicu tingginya angka penyakit yang berkaitan dengan pernapasan. Namun, siapa sangka, penyakit jantung juga bisa mengintai, kala polusi udara semakin memburuk.

Leon Dozan Ungkap Betharia Sonata Alami Hal Ini Saat Terkena Gejala Stroke

Polusi udara biasanya dikaitkan dengan penyakit yang berkaitan dengan sistem pernapasan. Tapi, bahaya dari polusi udara juga dapat memicu serangan jantung yang memicu stroke.

"Saat tubuh menghirup gas dan partikel berbahaya dari udara secara terus menerus, kemudian masuk ke tubuh lalu berjalan ke pembuluh darah dan menetap di sana. Akhirnya memicu peradangan secara sistemik," ujar spesialis paru, Dr. dr. Agus Dwi Susanto, Sp.P(K), saat ditemui VIVA.co.id beberapa waktu lalu.

Pembatasan Usia Kendaraan di Jakarta: Antara Langit Biru dan Perekonomian

Partikel berbahaya yang terhirup oleh tubuh, menimbulkan radang pada pembuluh darah. Jika dibiarkan menumpuk, maka bisa terjadi penyempitan pembuluh darah tersebut.

"Kondisi ini lama-lama memicu pembuluh darah menyempit. Setelah sekian lama, penyempitan itu membuat pembuluh darah menjadi kaku atau dalam bahasa medisnya disebut sebagai aterosklerosis," papar Agus.

Kenapa Serangan Jantung Terjadi Pada Saat Tidur di Malam Hari?

Penyempitan pembuluh darah, berdampak pada kurangnya oksigen yang mengalir ke seluruh tubuh. Sehingga, jantung dan otak yang seharusnya mendapatkan oksigen sebagai 'makanannya', harus kekurangan pasokan oksigen.

"Karena oksigen tidak lagi mensupply ke beberapa organ yang membutuhkan, bisa berisiko penyakit jantung koroner dan stroke. Sehingga masalah polusi udara ini tidak bisa dibiarkan," kata dia. (ren)

Ilustrasi serangan jantung

Keajaiban Teknologi! LVAD Selamatkan Nyawa Penderita Gagal Jantung yang Hampir Putus Asa

Penyakit jantung, masalah kesehatan mengancam nyawa di dunia. Dari berbagai macam jenis penyakit jantung, gagal jantung merupakan penyakit jantung perlu ditangani serius

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024