Pelajari Pertolongan Pertama Korban Bencana dan Kecelakaan

Ayo Hidup Sehat.
Sumber :
  • Dokumentasi tvOne

VIVA – Runtuhnya selasar Tower 2 Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) kemarin Senin 15 Januari 2018, menyebabkan puluhan orang mengalami luka dan telah dilarikan ke RS terdekat.

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Para korban yang lebih banyak wanita tersebut mengalami luka trauma yang serius. Beberapa di antaranya bahkan mengalami fraktur atau patah tulang di kaki. 

Tak hanya luka fisik, trauma psikis juga dialami korban. Lantas bagaimana langkah penganganan awal pada trauma fisik dan psikis pada kejadian kecelakaan atau bencana?

Bisa Bantu Kurangi Risiko COVID-19, Ini 3 Cara Dapatkan Vitamin D

Sementara itu, topik lain yang tak kalah penting adalah seputar penyakit paru-paru basah. Penyakit ini disebabkan oleh serangan virus, jamur, atau bakteri terhadap sistem pernapasan.

Dalam dunia medis, istilah yang tepat untuk paru-paru basah adalah pneumonia. Dilansir Web MD, penyakit ini terjadi karena adanya infeksi pada salah satu atau kedua paru-paru. 

Puasa Berdampak pada Pencegahan Kanker?

Pada kondisi tersebut, kantung pada paru-paru (alveoli) akan dipenuhi oleh cairan atau nanah. Inilah mengapa dahulu kala para dokter menyebutnya 'paru-paru basah'.

Paru-paru basah sebetulnya penyakit yang dapat ditangani dan dicegah jika kita dapat memahami gejalanya. Bagaimana caranya?

Kedua topik menarik tersebut akan dikupas tuntas dalam talkshow 'Ayo Hidup Sehat' yang tayang di tvOne Selasa 16 Januari 2018 pukul 13.00 WIB.

Bersama dr Vito Damay, SpJP(K), M.Kes, FIHA, FICA dan dr Reinita Arlin Puspita sebagai Host, tayangan tersebut juga menghadirkan beberapa narasumber berkompeten seperti Dr.Dr.dr.Norman Zainal, SpOT.,M.Kes.FICS., CCD dan Kepala Emergency RS Pusat Pertamina Dr.dr.Christiana Linda Wahjuni, SpOT.,M.Kes.FICS.,CCD untuk membahas tema 1 tentang 'Penanggulangan Medis saat Bencana dan Kecelakaan'.

kemudian pada tema 2 tentang 'Paru-paru Basah' akan dihadirkan narasumber Spesialis Paru-Paru Dr. Dewi Puspitorini, Sp.P, MARS dan Spesialis Fisik & Rehab Medik
Dr. Siti Chandra Widjanantie, SpKFR.

Anda juga bisa menyaksikan langsung tayangan tersebut lewat streaming tvone di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya