Ternyata Makanan Gurih Bermanfaat bagi Kesehatan

Kuliner Jepang.
Sumber :
  • Pixabay/takedahrs

VIVA – Glutamat telah diketahul secara luas sebagai sumber rasa umami atau gurih. Selain sebagai sumber rasa, ternyata glutamat juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Hal ini seperti diungkapkan oleh Prof Purwiyatno Hariyadi, ahli Teknologi Pangan dari lnstitut Pertanian Bogor (IPB) dalam media gathering Ajinomoto, Kamis, 29 Maret 2018.

Ayam Pedas Berpadu Manis dan Gurih, Ada Rasa Burning Sensation di Lidah

"Hasil dari beberapa riset, mutu cita rasa pangan yang baik akan mampu memancing gairah (nafsu) makan pasien yang tengah sakit, sehingga Iebih memastikan kecukupan asupan gizi yang yang diperlukan dan meningkatkan status kesehatannya secara keseluruhan," kata Purwiyatno.

Argumen itu sendiri didasarkan pada penelitian berjudul The Important of Umami Taste In Oral and Overall Health yang dilakukan oleh Takashi Sasano, dan beberapa rekannya dari Tohoku University Graduate School of Dentistry, di Jepang.

Bisa Kurangi Asupan Gula dan Garam, MSG Dinilai Sehat Jika Dikonsumsi Secukupnya

Ilustrasi kuliner Jepang

"Cita rasa umami (gurih) diperlukan untuk meningkatkan asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Dengan asupan gizi cukup sesuai yang kebutuhan makan tubuh kita akan menjadi Iebih sehat dan bugar,” kata dia.

Buat Makan Siang! Ayam Goreng 9 Rasa Harganya Gak Sampe Rp10 Ribu

Di samping itu, umami yang berasal dari glutamat, berperan dalam beberapa fungsi tubuh, bahkan diawali ketika berada di dalam mulut hingga di dalam usus. Di dalam mulut, glutamat mampu meningkatkan sekresi saliva sehingga makanan dapat dikunyah lebih baik.

"Di dalam saliva juga terdapat beberapa enzim pencernaan yang sangat penting bagi proses lanjutan pencernaan. Glutamat yang berada dalam darah jumlahnya selalu konstan. Darah kemudian akan mengedarkan glutamat ke seluruh bagian tubuh yang membutuhkan," kata dia. (ase)

Resep Sederhana Kue Kastengel  yang Harus Dipersiapkan Menjelang Lebaran

Resep Sederhana Kue Kastengel yang Harus Dipersiapkan Menjelang Lebaran

Tepung terigu, margarin, telur, dan keju adalah bahan dasar kue kering kastengel yang kemudian dipanggang di oven. Karena kandungan kejunya, kue ini akan terasa gurih.

img_title
VIVA.co.id
30 Maret 2024