Wih, Tempe Ternyata Bukti Kekayaan Kuliner Indonesia

Tempe
Sumber :
  • foodspeople.com

VIVA – Indonesia bukan cuma kaya akan budaya, namun juga dalam hal kuliner dan tradisi makan. Nah, bicara tentang kuliner, sepertinya tak ada yang menduga bahwa tempe sebenarnya merupakan jejak kekayaan kuliner Indonesia yang telah ada sejak berabad-abad lalu.

10 Makanan Wajib Dihindari Jika Ingin Awet Muda Seperti Ade Rai, Nomor 2 Paling Sulit

Tak hanya tempe, masih ada beberapa jenis kuliner Indonesia yang usianya sudah sangat tua. Hal tersebut diungkapkan oleh Kafi Kurnia dari PEKA Consult Inc.

"Contoh paling sederhana adalah tempe, seni kuliner yang termuat dalam buku serat Centhini di abad 16/17 ini merupakan produk ciptaan asli Indonesia," ujarnya kepada VIVA saat ditemui beberapa waktu lalu.

Ria Ricis Ambil Kerupuk di Meja Jokowi dan Prabowo, Langsung Dilirik Paspampres

Kecap

Selain tempe, sebenarnya kecap juga awalnya dipercaya merupakan hasil ciptaan negara China. Namun, inovasi awal kecap sebenarnya muncul dari Indonesia, yang kemudian lahirlah kecap manis dengan rasa unik dan diperkaya rempah Indonesia.

Tempat Ini Sajikan Kuliner Nusantara dengan Rasa yang Disesuaikan Lidah Penikmatnya

Terakhir adalah kerupuk. Sangat sulit menemukan kerupuk di negara lain. Tapi Indonesia justru memiliki beragam jenis kerupuk, dari kerupuk kulit hingga udang.

"Kerupuk. Tidak ada negara yang punya jenis kerupuk dari kulit sampai yang dibentuk dengan aci. Jadi ini tiga pasangan yang merupakan jejak kekayaan dalam hidangan Indonesia,” ucapnya. (ch)

BRI sponsor utama acara penghargaan Exquisite’s Best Restaurants & Bars 2024

BRI & Exquisite’s Berikan Penghargaan pada Restoran Terbaik 2024 di Indonesia

Dukungan BRI sebagai sponsor utama acara Best Restaurants & Bars 2024 merupakan komitmen BRI dalam mendukung perkembangan industri kuliner di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
3 Mei 2024