Nostalgia 5 Jajanan SD yang Sekarang Nge-hits di Instagram

Telor gulung.
Sumber :
  • Instagram @eatandclicks

VIVA – Orang Indonesia mana yang tak doyan ngemil? Ngemil memang sudah menjadi budaya Indonesia lantaran negara kita punya berbagai macam jajanan aneka rupa, mulai dari kue-kue basah manis, gorengan, cilok hingga tahu gejrot.

Tempat Ini Sajikan Kuliner Nusantara dengan Rasa yang Disesuaikan Lidah Penikmatnya

Nah, belakangan ini, jajanan Sekolah Dasar (SD) yang hits untuk anak 1990-an kembali booming. Ya, banyak pelaku bisnis kuliner yang mulai melirik jajanan jaman SD. Nah, bagi kalian anak ‘90-an, masih ingat enggak beberapa jajanan yang dulu suka mangkal di depan sekolah?

Yuk, kita nostalgia dengan lima jajanan SD berikut ini, dirangkum VIVA dari berbagai sumber.

Kuliner Kearifan Jawa Kuno yang Terinspirasi Kerajaan Majapahit di Bali

1. Telur gulung

Dari sekian jenis jajanan zaman SD, telor gulung begitu lekat di hati masyarakat. Telur ayam dikocok dengan tambahan garam dan penyedap rasa, lalu digoreng acak kemudian dililitkan pada sebuah tusuk sate dan disiram saus pedas.

3 Momen Kocak Yuki Kato Saat Ikuti Kemeriahan Jember Fashion Carnaval, Lirik Penjual Telur Gulung

Anda juga bisa memilih telur polos atau telur yang dililitkan dengan bakso, atau sosis. Jika dulu satu tusuk telur gulung seharga Rp250, kini per tusuknya dihargai mulai dari Rp1.000 hingga Rp2.000.

2. Es Pelangi

Satu lagi yang jadi favorit ketika jam istirahat zaman sekolah dulu adalah es pelangi. Sesuai namanya, es ini pun memiliki warna yang beragam. Meski dijuluki es, namun jajanan ini memiliki tekstur yang kenyal dan lembut ketika digigit. Seperti agar-agar.

3. Kue laba-laba

Camilan manis ini juga banyak difavoritkan anak zaman ‘90-an. Cara membuatnya cukup mudah, hanya adonan tepung terigu, telur dan gula kemudian diaduk merata hingga kental. Kemudian dimasukkan ke dalam sebuah botol plastik yang tutup botolnya dilubangi kecil.

Untuk memasaknya sendiri cukup ditaruh di atas tempat kue cubit membentuk seperti sarang laba-laba. Biasa dinikmati dengan tambahan susu kental manis di atasnya.

4. Telur puyuh

Jajanan ini juga identik sama anak ‘90-an. Telur puyuh. Jajanan ini mungkin enggak terlalu spesial buat anak zaman sekarang. Tapi belum tentu bagi anak ‘90-an. Apalagi saat si abang penjual memecahkan telur puyuh ini untuk dimasak di atas wajan khusus.

Telur puyuh ini pun hanya dimasak layaknya membuat telur ayam biasa, dan disajikan dengan saus sambal di atasnya.

5. Mie Sakura

Yang enggak ketinggalan buat dijadikan camilan adalah mie Sakura. Entah kenapa mi ini legendaris banget buat anak ‘90-an. Rasanya juga cukup berbeda dan melekat di ingatan sebagian orang.

Uniknya mi sakura ini bakalan disajikan di atas styrofoam untuk burger yang dibelah menjadi dua atau dalam cup plastik untuk es campur. Uniknya setiap makan ini pasti akan diberikan sumpit legendaris yaitu 1 sumpit yang dibelah menjadi dua. Masih ingat?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya