Ingin Padukan Bir dengan Makanan, Ikuti Trik Ini

Bir bintang
Sumber :
  • BIMO/ VIVA.co.id

VIVA – Memadukan berbagai hidangan dengan bir tentu punya kenikmatan sendiri. Selain memperkaya rasa, memadukan bir dengan makanan atau dikenal dengan istilah food pairing, juga membuat rasa keduanya lebih sempurna.

3 Tips Menyenangkan untuk Menikmati Festival Musik Pestapora

Meski demikian, bukan berarti semua hidangan bisa dipadukan dengan bir. Menurut seorang koki dan juga influencer, setidaknya ada tiga pedoman yang mesti dipegang ketika memadukan sebuah bir, yakni cut, complement, dan juga contrast.

"Karbonasi alkohol, dan hops di dalam Bintang Radler mampu "memotong" rasa dan tekstur di lidah yang mampu memberi kesan di setiap gigitan terasa seperti gigitan pertama," ungkap koki dan influencer Chef Martin Praja saat Radler and Food Pairing Class, di Gandaria City, Jakarta, Sabtu 15 Desember 2018.

Intip Keseruan Hadirnya Nuansa Pasar Malam di We The Fest 2023

Sementara, complement berarti memadukan Radler dan makanan yang memiliki rasa dan karakter yang hampir sama. Dan akhirnya, contrast berani memadukan Bintang Radler dan makanan yang memilki selera dan karakter yang berbeda sehingga ketika digabungkan akan menciptakan karakteristik rasa baru yang unik.

VIVA sendiri juga berkesempatan untuk menjajal memadu padankan makanan dengan dua buah bir, yakni Bintang Radler lemon dan juga orange. Adapun makanan yang dipadankan beberapa di antaranya, ialah cokelat, sirloin steak, prawn sandwich  dan juga keju.

Bahas G20, PM Kanada dan Inggris Asyik Ngebir Bareng di Kafe Bali

koki dan influencer Chef Martin Praja saat Radler and Food Pairing Class.

Saat mengombinasikan bir lemon dengan keju, rasa yang cenderung muncul ialah rasa dari lemon yang kuat. Sedangkan yang menarik ketika dipadankan dengan prawn sandwich, bir orange justru semakin memperkaya rasa hidangan yang creamy itu. Semuanya memberikan pengalaman kuliner yang luar biasa unik.

Sementara itu, Marketing Director PT Multi Bintang Indonesia Niaga, Mariska Van Drooge,  kedua bir tersebut merupakan bir rendah alkohol 2 persen yang menawarkan double refreshments dengan kombinasi Bir Bintang dan jus buah asli.

“Semua orang pasti akan mengalami eksplorasi rasa yang unik dan itulah yang membuat perpaduan Bintang Radler dan makanan menjadi sangat menyenangkan " ujar Mariska. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya