5 Street Food yang Happening di Medsos Selama 2018

Telor gulung.
Sumber :
  • Instagram @eatandclicks

VIVA – Meski dijual di pinggir jalan, bukan berarti makanan tersebut tidak memiliki penggemarnya. Justru jajanan pinggir jalan alias street food menjadi surganya para penikmat kuliner. Sepanjang tahun 2018, ternyata pamor makanan pinggir jalan justru melejit.

Hawkers Street, Destinasi Kuliner Baru di Jakarta Utara

Belum lagi media sosial Instagram yang membantu menyebarkan informasi kepada masyarakat luas. Nah, berikut ini adalah lima makanan pinggir jalan di Indonesia yang begitu populer di media sosial selama 2018, dirangkum VIVA dari berbagai sumber.

1. Roti John

Viral Es Batu Bakar Jadi Primadona Jajanan Pinggir Jalan di Negara Ini

Sukses di Surabaya, Jawa Timur, Roti John belum lama ini membuka gerai di Jakarta. Saking begitu banyak peminatnya, roti ini pun sempat menawarkan franchise kepada masyarakat ibu kota. Berbeda dengan roti bakar lainnya, roti ini pun memberikan sensasi yang berbeda kepada para pecinta kuliner.

Keunikannya terletak pada penggunaan roti sepanjang 40 centimeter (cm). Untuk pengolahannya dimulai dengan menggoreng telur dadar, kemudian menaruh roti panjang itu di atasnya lalu dimasak hingga matang. Roti dan telur kemudian diangkat dan ditaburi berbagai topping asin dan gurih, seperti daging, keju, saus hingga sayur-sayuran.

Netizen Soroti Makanan Viral Rupai Rambut Halus, Sebut Sop Bulu

Roti John.

2. Master Squid

Yang lagi populer berikutnya adalah Master Squid, yakni cumi disajikan dalam bentuk sate berbentuk kupu-kupu. Cumi dibaluri dengan tepung roti dan digoreng hingga crispy. Cumi ini lantas diberi berbagai varian rasa bumbu mulai dari barbekyu, rumput laut hingga bubuk cabai.

3. Sate cumi Thailand

Olahan laut cumi kini memang lagi nge-hits. Sate ini dibuat dari cumi yang dipotong-potong, kemudian ditambahkan dengan sosis atau bakso dan dibakar dengan bumbu kecap dan saus.

Sate cumi khas Thailand.

4. Ceker mercon

Makanan pedas ternyata masih memiliki tempat di hati masyarakat. Jika sebelumnya seblak, untuk makanan pedas kali ini yang begitu happening di 2018 adalah ceker mercon. Ceker pun hanya diolah dengan bumbu pedas.

5. Telur gulung

Meski telah ada sejak lama, namun keberadaan telur gulung setahun belakangan ini begitu populer di kalangan masyarakat kita. Beragam inovasi pun tercipta. Bukan hanya menggunakan saus sambal saja. Telur gulung kini juga disajikan dengan tambahan mayonais hingga bumbu aneka rasa. (rna)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya