5 Makanan Sehat yang Bakal Makin Booming di 2019

Kimchi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Tahun baru 2019 tentu harus dijalani dengan berbagai resolusi baru, khususnya untuk menjaga tubuh tetap sehat. Untuk fokus menjalani resolusi tersebut, dibutuhkan pilihan asupan makanan yang tepat.

Tantrum pada Anak, Apakah Ada Kaitannya dengan Makanan yang Dikonsumsi Sang Ibu Selama Kehamilan?

Dilansir dari laman The Health Site, Rabu, 2 Januari 2019, fokus dalam memilih asupan makan yang tepat, akan membentuk tubuh menjadi lebih bugar. Berikut tren makanan sehat 2019 yang bisa Anda coba untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan bugar.

1. Protein berbasis tanaman

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Sumber protein berbasis tanaman mencakup kacang-kacangan dan biji-bijian. Tak hanya itu, sumber lainnya bisa dari jamur serta alga yang dapat menggantikan produk hewani, namun rasa dan nilai nutrisinya hampir sepadan.

Ilustrasi biji-bijian.

6 Takjil Rendah Kalori Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

2. Asupan baik untuk usus

Kesehatan untuk usus akan bertambah dengan adanya mikrobioma dan probiotik. Artinya, bakteri di dalam usus harus selalu dalam keadaan seimbang. Faktanya, saat kesehatan usus menurun, bisa berdampak pada banyak hal, seperti penurunan kadar energi, stres, kualitas tidur serta segala fungsi lain di tubuh.

Maka, untuk menjaga kesehatan usus, dibutuhkan sumber makanan baik seperti yogurt, kimchi, sayuran fermentasi serta kombucha.

Kimchi

3. Adaptogen

Makanan super sudah tak lagi menjadi pilihan tahun ini. Pengganti superfood adalah adaptogen, yakni bahan-bahan herbal dari alam yang dapat membantu tubuh melawan efek stres dan peradangan serta menjaga kesehatan. Disebut adaptogen karena mereka dapat beradaptasi sebagaimana dibutuhkan oleh tubuh dan memberi efek positif terhadap hormon. Beberapa jenis adaptogen yaitu jahe, ginseng, jamur dan sebagainya.

Ginseng

4. Makanan organik

Sayur dan daging organik memang belum sepenuhnya diminati oleh masyarakat luas. Namun, sayur serta daging yang terbilang eksotis ini, mampu menjaga tubuh lebih baik.

Ilustrasi daging bakar

5. Pilihan sehat makanan penutup

Makanan penutup seringkali mengandung gula dan karbohidrat yang sangat tinggi. Tak ada salahnya mengganti makanan penutup yang tinggi lemak dengan asupan yang lebih banyak protein serta kalsium. Pilihan makanan penutup sehat yang bisa dicoba mencakup alpukat dan air kelapa yang memberi manfaat kesehatan pada tubuh. (ldp)

Ilustrasi kelapa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya