6 Takjil Rendah Kalori Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Ilustrasi makanan sehat.
Sumber :
  • Eat This

VIVA – Iftar yaitu aktivitas perjamuan makanan yang dilakukan oleh umat muslim saat akan berbuka puasa Ramadhan. Waktu yang tepat untuk melakukan iftar yaitu saat matahari terbenam atau saat adzan magrib berkumandang.

Tantrum pada Anak, Apakah Ada Kaitannya dengan Makanan yang Dikonsumsi Sang Ibu Selama Kehamilan?

Puasa Ramadhan tidak hanya menjadi waktu untuk meningkatkan spiritualitas, tetapi juga bisa untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satu aspek yang sering menjadi perhatian adalah pemilihan takjil saat berbuka puasa.

Takjil yang sehat dan bergizi menjadi pilihan utama bagi banyak orang,  terutama bagi kamu yang ingin menjaga berat badan tetap stabil selama bulan Ramadhan. Berikut 6 takjil rendah kalori namun sehat yang bisa melengkapi menu buka puasa kamu saat menjalankan diet.

Terpopuler: 5 Minuman Hambat Penurunan Berat Badan, 100 Wanita Rayakan Hari Kartini di Puncak Gunung

makanan sehat

Photo :
  • Times of India

1. Kurma

6 Olahraga Ringan untuk Membakar Kalori dan Mengembalikan Kebugaran Tubuh Setelah Lebaran

Kurma

Photo :
  • Pixabay/ Vesiraja

Makanan yang tidak pernah absen saat bulan puasa Ramadhan, kaya akan manfaat untuk kesehatan. Selain tidak terlalu tinggi kalorinya ternyata kurma juga dapat mengembalikan energi dan membantu kamu memperbaharui asupan karbohidrat serta menekan keinginan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung gula.

2. Salad Buah

Fruit Salad with Greek yogurt ranch dressing

Photo :
  • Cookpad/Mutabikh Uwmi

Salad  buah sangat cocok bagi kamu yang ingin menjaga berat badan saat bulan puasa. Selain rendah kalori, buah juga menyehatkan untuk tubuh yang kaya akan manfaat. Mengonsumsi buah-buahan yang memiliki kandungan banyak air bisa melepas dahaga kamu setelah seharian berpuasa.

Kamu bisa mencampurkan beberapa buah seperti melon, semangka, nanas, buah naga, apel, alpukat, pir, atau buah favorit kamu lainnya dengan dilengkapi yoghurt, mayones, keju dan susu secukupnya saja.

3. Salad Sayur

Big Bird Salad, salah satu menu Salad Stop! di Plaza Indonesia.

Photo :
  • VIVA.co.id/Rintan

Salad sayur bisa menjadi menu takjil pilihan kamu saat berbuka puasa, karena memiliki kadar kalori yang rendah. Sayur seperti timun, selada, yang kaya akan serat dan air. Sayuran tidak hanya membantu tubuh kamu menjadi sejuk tetapi juga menjadi pilihan bagus untuk menjaga kesehatan kulit serta menghindari sembelit.

4. Jus atau Smoothies

Smoothies

Photo :
  • Pixabay/ Silviarita

Selain salad buah, smoothies atau jus bisa menjadi ide untuk takjil saat kamu akan berbuka puasa. Salah satu buah yang bagus untuk kesehatan yaitu alpukat yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menjaga pembuluh darah dari kerusakan arteri oleh penumpukan kolestrol jahat, low desinty lipoprotein (LDL).

5. Infused water buah

Infused Water.

Photo :
  • Freepik

Selain jus atau semoothies, infused water buah juga sangat direkomendasikan untuk melengkapi buka puasa kamu. Selain rendah kalori, infused water buah bisa melepaskan dahaga dan menyehatkan tubuh yang kaya akan nutrisi daro buah-buahan. Lengkapi dengan irisan lemon, mentimun, jeruk, atau buah beri ke dalam air mineral dan biarkan selama beberapa jam.

6. Bubur kacang hijau

Bubur kacang hijau dan ketan hitam

Photo :
  • http://programukm.blogspot.com

Selain rasanya yang enak, kacang hijau mengandung banyak manfaat baik bagi tubuh. Sehingga cocok untuk melengkapi menu takjil kamu saat menjalankan ibadah puasa tanpa takut gagal diet. Kacang hijau memiliki kandungan folat, protein, serat, kalsium, kalium, fosfor, zat besi hingga berbagai macam vitamin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya