5 Jebakan Sahur: Hindari Makanan Ini Agar Tak Dehidrasi Seharian

Ilustrasi mie instan
Sumber :
  • Pixabay

JAKARTA  – Bulan puasa Ramadhan pasti tidak asing dengan yang namanya sahur. Umat islam yang menjalankan ibadah puasa harus mampu mengatur asupan makanan agar tubuh tetap sehat dan tidak mudah lemas.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Umat islam yang menjalankan ibadah puasa disarankan untuk memilih menu sahur sehat yang dapat menyediakan energi yang cukup untuk tubuh sehingga bisa bertahan saat menjalankan puasa seharian. Makanan tersebut harus mengandung kaya protein, serat, serta vitamin dan mineral.

Lantas, makanan seperti apa yang harus dihindari saat makan sahur? Berikut penjelasannya yang dilansir dari berbagai sumber, Rabu, 13 Maret 2024. .

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

1. Mie instan

Mie instan

Photo :
  • Pixabay
5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Kebanyakan anak kos sering kali menjadikan mie instan sebagai menu andalan saat sahur, karena penyajian yang cepat dan praktis. Namun, perlu kamu ketahui bahwa mie instan mengandung natrium yang cukup tinggi sehingga bisa membuat kamu cepat haus.

Tak sampai di sini saja, makanan instan ini juga dapat membuat lebih dahaga dari pada biasanya. Hal ini dikarenakan mie instan mengandung sodium  atau garam yang tinggi. Terlebih lagi memiliki kandungan MSG di dalamnya.

2. Makanan bersantan

Ilustrasi makanan bersantan

Photo :
  • Pixabay

Santan memiliki kandungan lemak yang tinggi sehingga lebih cenderung lebih sulit dicerna oleh lambung. Sebaiknya, hindari makanan yang bersantan saat kamu akan sahur. Untuk penderita maag dan GERD perlu membatasi konsumsi makanan bersantan karena dapat memicu naiknya asam lambung, perut kembung, hingga menimbulkan gejala nyeri yang luar biasa pada ulu hati.

3. Sahur dengan Menyantap Nasi Goreng

Nasi Goreng Tauge Kaya Zat Besi

Photo :
  • Dapur Umami

Sebagian dari orang sekali menyantap nasi goreng sebagai menu sahur karena rasanya yang enak dan lezat. Namun kamu harus memperhatikan bahwa kandungan lemak dan kalori yang ada di nasi goreng cukup banyak. Sehingga tidak di sarankan untuk menyantap nasi goreng saat sahur. Selain itu, nasi goreng juga bisa membuat tumbuh menjadi mudah haus.

4. Makanan yang Pedas

Makanan pedas

Photo :
  • Times of India

Makanan yang pedas memang nikmat, namun kamu perlu mengetahui bahwa menyantap makanan pedas saat sahur akan memicu rasa haus secara terus menerus. Selain itu, bagi penderita maag makanana pedas sebaiknya dihindari saat makan sahur karena dapat memicu meningkatnya asam lambung dan berpotensi menyebabkan nyeri ulu hati.

5. Makanan Olahan yang Rendah Nutrisi

Makanan cepat saji otentik China ala Chummy Tummy

Photo :

Saat sahur kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan jenis karbohidrat kompleks. Sebab, jika kamu memakan olahan yang rendah nutrisi dapat memicu rasa lapar dengan cepat. Seperti fastfood yang kaya akan kalori ekstra dan sedikit nutrisi.

Kombinasi lemak, gula, dan banyak sodium atau garam dapat membuat makanan cepat saji terasa lebih enak. Namun, diet tinggi natrium dapat menyebabkan retensi air. Hal ini dapat menyebabkan rasa haus yang berlebih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya