Pengalaman Chef Chandra Yudasswara Bermasalah dengan Kompor saat Masak

Ilustrasi Memasak Semur Daging.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA – Urusan memilih peralatan dapur biasanya para ibu rumah tangga jagonya. Mereka tahu mana yang bagus namun harganya terjangkau. Tapi, pertimbangan pengalaman tertentu seringkali ikut andil dalam membuat keputusan saat memilih peralatan dapur atau bahkan peralatan lainnya. Seperti yang dialami Chef Chandra Yudasswara. 

Memulai karier di dunia kuliner sejak 23 tahun lalu, Chef Chandra telah mengalami banyak hal di dapur. Salah satunya berkaitan dengan kompor. Merasakan bagaimana repotnya bekerja dengan kompor portabel yang diletakkan di atas meja dengan selang di bagian belakang saat memasak, hingga akhirnya beralih setelah menemukan kompor yang sesuai harapannya. 

"Dulu saya waktu masih kecil mau masak beberapa makanan naruh sendiri di atas (kompor), masak terus dari pagi, begitu mau taruh dandang buat kukus, kompor geser, sampai jatuh," kata Chef Chandra di acara Taste and Care Exhibition, Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Rabu 24 April 2019. 

Selain itu, menggunakan kompor portabel menurut Chef Chandra sulit dibersihkan serta memiliki selang yang cepat rusak karena saat membersihkan daerah sekitar kompor membuat gesekan yang akhirnya selang cepat rusak. Belum lagi jika berat tidak seimbang yang membuat posisi kompor lebih mudah bergeser. 

"Kalau masak ada cipratan, pas ngelap masih ada lemak yang bikin licin. Kalau kompor portabel kasih beban lebih, salah beban akan menggeser apalagi alasnya licin, saya ngerasain sampai terbalik. Dan selang di belakang, diangkat, bergeser, ditarik waktu bersihin kompor, itu selang lama-lama kendor."

Untuk itu, ketika akhirnya menemukan kompor tanam, Chef Chandra seakan menemukan belahan jiwa yang bisa membantunya dengan aktivitas memasak, menurutnya keberadaan kompor tanam tak hanya indah secara desain, namun juga lebih aman. 

"Kompor tanam itu safety banget, risiko kayak tadi bisa dibuang dan lebih aman. Satu lagi buat estetika, fashionable, enggak peduli seberapa luas dapur kalau pakai ini lebih compact, flat, jadi enggak usah angkat beban lagi," ujarnya. 

Dari segi keamanan ternyata hal tersebut juga dibenarkan oleh Product Manager Food Preparation and Water Heater, Ina Widjojo usai memperkenalkan Potenza Hob dalam peringatan 100 Tahun Electrolux. Menurutnya kompor tanam terbukti lebih aman karena adanya fitur safety

"Kalau misal mereka pindah ke kompor tanam biasanya karena concern selain ke desain juga keselamatan," ujarnya yang lebih lanjut menjelaskan fitur safety yang dimaksud sebagai 'pengaman gas.'   

Begini Cara Masak Ketupat yang Benar Biar Gak Mudah Berair dan Gampang Basi
Serial Secret Ingredient

Main Series Bareng Nicholas Saputra, Lee Sang Heon Jadi Bisa Masak Orek Tempe

Sebagai infomasi, Nicholas Saputra berperan sebagai Chef Arif yang berada dalam pusaran konflik antara Ha-Joon (Sang Heon Lee) dan Maya (Julia Barretto).

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024