8 Trik Bikin Burger Seenak Restoran Mahal, Enggak Susah Kok!

Ilustrasi burger
Sumber :
  • Pixabay/icanders

VIVA – Burger menjadi salah satu makanan favorit banyak orang. Tanpa perlu ribet pesan ke restoran cepat saji, kamu bisa buat sendiri burger seenak restoran di rumah.

Selamat Tinggal! Carl's Jr Umumkan Tutup Seluruh Gerai di Indonesia per 31 Desember 2023

Meski enggak gampang, tapi kalau tahu triknya, burger buatan kamu pasti rasanya memuaskan. Coba saja praktikkan dengan dengan mengintip tips di bawah ini yang dilansir dari laman Delish.

1. Beli daging sapi giling yang enak.

5 Jenis Makanan di Restoran Cepat Saji yang Berisiko Ganggu Kesehatan Tubuh

Pilih daging dengan rasio 80 persen daging tanpa lemak dan 20 persen daging berlemak. Takaran ini akan membuat burger kamu beraroma dan juicy tapi tidak terlalu berminyak. Tetapi, kalau kamu pilih daging dengan rasio 90 persen daging tidak berlemak dan 20 persen daging berlemak, tidak masalah. Tetapi itu akan membuat burger kamu jadi lebih padat.

2. Ukuran patty

Ayu Ting Ting Nangis Cerita Perjuangan Umi Kalsum, Jatuh dari Kereta hingga Susah Beli Burger

Untuk membuat olahan burger yang lezat, kamu tentu membutuhkan daging sapi cincang berkualitas atau dikenal dengan sebutan patty. Agar bentuknya pas, daging sapi cincang dibentuk patty berdiameter sekitar 3,5 sampai 4 cm. Ketahuilah bahwa burger akan menyusut sedikit saat dimasak. Baca juga: 6 Waktu Tepat Minum Air Putih Biar Sehat dan Bugar

3. Tekan patty di bagian tengah saat memasaknya 

Ini membantu patty menahan bentuknya saat menyusut. Sesuaikan bumbu berdasarkan ketebalan patty.
Jika kamu membuat burger tebal, kamu perlu membumbui patty sebelum ditaruh di panggangan (atau wajan) untuk mendapatkan rasa asin yang enak. Tetapi, jika kamu menggunakan patty yang tipis disarakan untuk jangan menggunakan garam.

4. Jika memanggang, gunakan suhu yang panas

Taruh burger di atas panggangan yang panas untuk mendapatkan tanda hitam bergaris yang cantik di patty. Disarankan juga untuk memanggang patty di atas panas langsung saat menggunakan arang atau panas yang sedang-tinggi jika menggunakan panggangan gas.

5. Jika memasak di atas kompor, gunakan wajan panas

Masaklah di atas api sedang-tinggi. Jangan gunakan wajan antilengket, melainkan cast iron.

6. Set waktu saat memasak setiap sisi

Untuk burger setengah matang dengan ketebalan sekitar satu inci, kamu harus memasak selama 4 menit per sisi.  Atau, sampai suhu internal mencapai 130 derajat -135 derajat. Tidak masalah jika kamu suka burger yang dimasak well done, tapi disarankan untuk memasaknya selama tujuh menit atau lebih di setiap sisinya.

7. Tambahkan keju selama beberapa menit terakhir memasak

Sebagian besar irisan keju membutuhkan waktu lebih dari 60 detik untuk meleleh, jadi jangan takut untuk menambahkannya 3 hingga 4 menit sebelum burger kamu siap keluar dari panggangan.

8. Topping

Sebenarnya, burger yang baik tidak terlalu membutuhkan banyak topping. Olesan mayonais, seiris tomat, beberapa selada segar, dan irisan acar sudah cukup menyempurnakan burger buatan kamu. (nsa)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya