Deretan Restoran Ini Paling Banyak Outletnya di Dunia

Restoran Popeyes
Sumber :
  • Instagram Restoran Popeyes

VIVA Kuliner –  Saat kamu mendengar kata makanan cepat saji, biasanya kamu langsung tergambar dengan sajian berupa ayam goreng, hamburger, hingga spaghetti. Restoran fast food digemari banyak orang karena disajikan dengan cepat, harga terjangkau, dan rasanya enak.

Tersambar Petir, Bangunan Saung Bambu Mang Eking di Tangerang Terbakar

Berbicara mengenai restoran cepat saji ternyata beberapa restoran cepat saji ini dikenal memiliki jaringan terbesar di dunia. Restoran cepat saji apa saja? Berikut ini ulasannya. Scroll yuk untuk simak artikel selengkapnya.

1. Subway 

August Raih Prestasi Gemilang! Masuk Daftar 50 Restoran Terbaik Asia 2024

Subway

Photo :
  • Istimewa

Subway adalah jaringan waralaba restoran cepat saji Amerika yang sebagian besar menjual sandwich yang biasa dikenal sebagai subs dan salad. Subway dimiliki, dan dioperasikan secara pribadi oleh Doctors Associates Inc. 

Menu Spesial Ramadhan, Cita Rasa Thailand di Restoran Kamlai

Subway adalah rantai restoran terbesar dan paling cepat berkembang di dunia dengan 42.998 restoran di 112 negara dan wilayah. Restoran cepat saji Subway di AS sendiri memiliki sekitar 25.549 gerai. Subway juga merupakan operator terbesar di dunia yang kantor pusat internasionalnya berlokasi di Milford, Connecticut.

2. McDonald's 

McDonald's adalah jaringan restoran hamburger dan makanan cepat saji Amerika yang didirikan pada tahun 1940 oleh Richard dan Maurice McDonald sebagai restoran barbekyu. Pada tahun 1948, McDonald's menata ulang bisnis mereka menjadi stan hamburger dan kemudian pada tahun 1953, waralaba McDonald's pertama dibuka di Phoenix, Arizona. 

Saat ini McDonald's merupakan rantai restoran terbesar kedua di dunia, tersedia di 119 negara dengan sekitar 36.900 gerai. Restoran ini sebagian besar menjual produk ayam, milkshake, hamburger, menu sarapan, makanan penutup, dan minuman ringan. Namun, perusahaan baru-baru ini memperluas menunya dengan memasukkan buah-buahan, ikan, smoothie, salad, dan lulur. McDonald's adalah salah satu perusahaan terbesar di Amerika Serikat.

3. KFC

Aksi Greenpeace di KFC

Photo :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

Kentucky Fried Chicken, yang dikenal sebagai KFC, adalah rantai restoran cepat saji Amerika yang berkonsentrasi pada ayam goreng. Kantor pusat KFC berlokasi di Louisville, Kentucky. Per Desember 2015, KFC beroperasi di 123 negara dan teritori dengan 20.404 gerai. 

Restoran ini diketahui merupakan cabang dari Yum! Brands, yaitu perusahaan restoran yang memiliki jaringan restoran lain seperti Taco Bell dan Pizza Hut. KFC didirikan oleh Kolonel Harland Sanders, seorang pengusaha yang mulai menjual ayam goreng dari restoran pinggir jalan di Corbin, Kentucky. 

Awalnya restoran imi hanya menyajikan ayam sebelum memperluas menu mereka pada 1990-an untuk menawarkan produk lain seperti salad, kentang goreng, minuman ringan, burger ayam, coleslaw, lulur, dan makanan penutup.

4. Burger King 

Restoran cepat saji Burger King

Photo :
  • vivanews/Andry Daud

Burger King adalah rantai restoran cepat saji hamburger Amerika yang kantor pusat utamanya berada di Miami-Dade County, Florida. Restoran knk didirikan pada tahun 1953 sebagai Insta-Burger King di Jacksonville, Florida.

Menu Burger King telah berkembang dari hanya menawarkan burger, milkshake, soda, dan kentang goreng menjadi beragam produk. Burger King diperkirakan memiliki 16.859 gerai di 100 negara pada 30 September 2016. Hampir setengah dari gerai tersebut ditemukan di Amerika Serikat, dan 99,5% tidak hanya dioperasikan secara pribadi tetapi juga dimiliki secara pribadi.

5. Popeyes

Didirikan pada tahun 1972 di New Orleans, Louisiana, Popeyes® menjadi salah satu restoran ayam goreng cepat saji terbesar di dunia, yang telah mengukir nama di lebih dari 30 negara dengan masakan otentik khas Louisiana. Total ada lebih dari 3.900 restoran Popeyes® di seluruh dunia. Popeyes® hadir membawa tradisi kuliner berusia 300 tahun yang menggabungkan perpaduan gaya memasak, bahan dan bumbu masakan.

Restoran ini akan membuka gerai-gerainya di Jalan MH Thamrin, area Kelapa Gading, Depok, Karawaci, Pantai Indah Kapuk (PIK), dan Bintaro. Gerai ini akan dibuka mulai dari Margo City pada 29 Desember 2022. 

Berkaitan dengan menu, khusus di Indonesia, pihaknya diketahui juga membuat menu khusus yang disesuaikan dengan lidah masyarakat tanah air. Salah satunya dengan menambahkan bumbu dan rempah khas Indonesia.

“Popeye tidak hanya mengambil taste Lousiana tapi juga taste Indonesia untuk seluruh costumer. Perpaduan antara pedasnya Louisiana dan Indonesia,” kata Chef Raul. 

Dia juga mengungkap beberapa menu seperti ayam Chili yang mana menggunakan cabai dari Indonesia.  

Selain itu, berbagai menu sayap ayam berlapis saus, popcorn ayam buttermilk dengan rasa yang sedang tren, onion rings, dan berbagai menu dari nasi termasuk rice bowl. Menu lainnya termasuk kentang tumbuk dengan saus (mashed potatoes), kentang goreng Cajun, dan makanan penutup seperti es krim dengan brownies cokelat dan blueberry chillz.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya