Buka Puasa dengan Hidangan Khas Citasara Nusantara di Restoran Tema Klasik

Main course Smriti Jakarta
Sumber :
  • VIVA/ Lutfi Dwi Pujiastuti

JAKARTA – Menikmati hidangan dengan nuansa resto yang kental dengan disain interior tradisional khas Indonesia memang bisa membangkitkan suasana yang berbeda. Ditambah lagi, hidangan yang disajikan adalah hidangan khas Indonesia yang kaya bumbu dan punya citarasa otentik nusantara. Dari Aceh hingga daerah paling timur di Indonesia, aneka hidangan nusantara ini dijamin bisa memuaskan hasrat kerinduan kuliner kampung halaman. 

Tersambar Petir, Bangunan Saung Bambu Mang Eking di Tangerang Terbakar

Ya, Smriti Jakarta, bisa jadi salah satu pilihan tempat makan menarik buat kamu yang ingin memanjakan lidah dengan hidangan khas citarasa Indonesia. Menikmati hidangan di tempat ini, kamu juga bisa merasakan perpaduan harmonis nuansa masa lalu dan masa kini.

Smriti Jakarta

Photo :
  • VIVA/ Lutfi Dwi Pujiastuti
August Raih Prestasi Gemilang! Masuk Daftar 50 Restoran Terbaik Asia 2024

Masakan Indonesia memang dapat ditemukan di banyak restoran, namun hanya sedikit yang memiliki pesona tempat bersejarah. Smriti, seperti namanya, merupakan penghormatan terhadap cita rasa masa lalu dan suasana yang membawa pengunjungnya kembali ke masa lalu.

Perpaduan Harmonis Masa Lalu dan Masa Kini

Menu Spesial Ramadhan, Cita Rasa Thailand di Restoran Kamlai

Smriti Jakarta

Photo :
  • VIVA/ Lutfi Dwi Pujiastuti

Melangkah ke Smriti, Anda akan segera merasakan suasana yang kental dengan nilai sejarah. Terlihat dalam setiap aspek interior, atmosfer, dan penyertaan artefak sejarah yang berharga. Namun, dalam hal menciptakan pengalaman kuliner, resto ini tetap fokus pada modernitas. 

Director of Business Development WB Investment, Dedy Hermawan mengatakan bahwa konsep interior Smriti memang didesain sedemikian rupa, dari bangunan lama zaman dulu milik negara (Kementrian) yang dibeli oleh sang owner lalu disulap menjadi restoran di tahun 2022. 

"Jadi restoran ini sudah dua tahun kurang lebih. Konsepnya kayak di kapal pinisi tempo dulu, banyak kayu-kayu, kursinya, ambience nya dengan atmosfer kapal pinisi. Pas masuk ada nahkoda dan meriam. Dan yang di highlight dari restoran ini adalah makanan Indonesia," terangnya saat buka puasa bareng media.

Smriti Jakarta

Photo :
  • VIVA/ Lutfi Dwi Pujiastuti

Dengan konsep yang unik, Dedy mengatakan semua kalangan menyukai suasana dan masakan di restoran ini. "Marketnya, everybody weloceme, family boleh. Saat ini tamu kita tapi lebih banyak bule daripada Indonesia-nya," ujarnya. 

Mengenai hidangan di restoran ini, Chef Andang Firdaus mengungkapkan, konsep makanan yang disajikan benar-benar Indonesia food tradisional dan otentik. "Dari Sumatera sampai ujung Indonesia, semua diolah dengan bahan premium. Steak yang disajikan bahkan menggunakan Wagyu kelas terbaik," katanya.

Di momen Ramadhan tahun ini, Smriti menyajikan buffet untuk takjil. Para tamu yang datang bisa mencicipi hidangan aneka bubur sumsum dan cendil, ketan hitam. Tak ketinggalan pula aneka es khas Indonesia yang disajikan berbeda tiap harinya. Mulai dari cendol hingga aneka es buah khas Indonesia.

Gorengan di Smriti Jakarta

Photo :
  • VIVA/ Lutfi Dwi Pujiastuti

Tak cuma itu, takjil yang disajikan termasuk juga aneka gorengan, ada tempe, bakwan, tahu gonta, pisang goreng hingga aneka jajanan pasar kue basah khas nusantara.

"Ada mi juga dan buka puasa tanpa gorengan kurang mantap. Untuk main course ada 5 jenis makanan, Kambing Guling Saus Kari dengan daging impor citarasa Indonesia dicocol dengan saus kecap. Ada juga Ayam Tangkap yang digoreng dengan daun pandan dan daun kari," katanya. 

Main course Smriti Jakarta

Photo :
  • VIVA/ Lutfi Dwi Pujiastuti

Ayam Tangkap di Smriti Jakarta

Photo :
  • VIVA/ Lutfi Dwi Pujiastuti

Tiga main course lainnya, ada Ikan Bakar Pariyaman, yang diolah dengan ikan kakap putih dibalur dengan saus khas Pariyaman. Kemudian ada juga Udang Goreng Bawang Merah dan Sop Buntut.

"Jadi di sini memang banyak makanan santan yang disajikan, flavour-nya bersantan dan spicy," ujarnya lagi.

Buat yang ingin mampir ke restoran ini, menu Kambing Guling Saos Kari bisa dibilang juara. Karena diolah menggunakan paha kambing yang dimarinasi semalaman, lalu dimasukkan ke kuah gulai selama 2,5 jam kemudian dibakar sehingga tidak ada aroma prengus dan dagingnya begitu lembut.

Chef Andang sajikan Kambing Guling Saus Kari

Photo :
  • VIVA/ Lutfi Dwi Pujiastuti

"Dagingnya super lembut, ga ada bau prengusnya, bumbunya benar benar meresap. Dan tambah nikmat lagi dimakan dengan guyuran kuah kari nya, ehmm mantap," kata salah satu konsumen, Dimas.

Diakui oleh Chef Andang, menu Kambing Guling Saus Kari ini memang menu istimewa yang disajikan di bulan Ramadhan tahun ini."Jika memang jadi favorit, hidangan ini akan selalu tersedia," katanya.

Info Restoran:
Smriti Jakarta
Alamat: Jl. Tanah Abang Timur No.3, Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110
Buka: Senin- Minggu 11.00-22.00

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya