Resep Lumpia Goreng Isi Daging Rendah Garam, Maknyus Buat Buka Puasa

lumpia
lumpia
Sumber :

VIVA – Siapa yang kalau buka puasa tidak bisa tanpa gorengan? Ya, berbuka puasa dengan gorengan yang dicocol dengan saus atau sambal, memang paling menggiurkan. Nah, jika kamu berencana berbuka puasa dengan menu tersebut, kita bisa membuat sendiri di rumah yang jauh lebih sehat. 

Bagaimana jika membuat lumpia goreng isi daging? Lumpia sendiri merupakan camilan khas Semarang, yang menjadi favorit banyak orang. Dengan isian daging, sayur, dan lebih rendah garam, membuat rasanya semakin lezat dan bernutrisi. 

Berikut resep membuat lumpia isi daging, yang dipraktikkan oleh Chef Ucu Sawitri, saat acara Ngabuburit Sehat Media Bareng Dapur Umami, yang digelar virtual oleh Ajinomoto, baru-baru ini. 

Bahan-bahan:
12 lembar kulit lumpia
200 gram daging sapi giling
80 gram wortel
1/2 siung bawang bombay
3 siung bawang putih
1 batang daun bawang
1 sendok teh Ajinomoto
1/4 sendok teh merica bubuk
700 ml minyak goreng 
Air, sebagai perekat

Lumpia yang gugah selera untuk menu berbuka puasa.

Lumpia yang gugah selera untuk menu berbuka puasa.

Photo :
  • U-Report

Cara memasak
1. Potong bawang bombay bentuk dadu, cincang bawang putih, iris daun bawang, dan potong wortel bentuk dadu kecil. Panaskan 2 sendok makan minyak goreng, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu.

2. Masukkan daging dan wortel, tumis hingga berubah warna. Masukkan 1 sendok teh Ajinomoto, merica bubuk dan daun bawang, tumis hingga matang lalu angkat dan sisihkan.