Menikmati Hidangan Premium Oyster di Tepi Laut, Ada di Jakarta Lho!

Oyster atau tiram.
Sumber :
  • VIVA/Sumiyati.

VIVA – Oyster atau tiram merupakan jenis kerang yang bisa dikonsumsi mentah tanpa harus dimasak. Oyster mulai populer di Indonesia, ketika para juri MasterChef Indonesia season 9, memberikan tantangan untuk mengolah tiram ini. 

Denny Sumargo Makan Otak Kelinci Biar Spermanya Bagus, Alhamdulillah Istrinya Hamil!

Oyster sendiri dikenal sebagai hidangan premium yang biasanya hanya bisa ditemukan di restoran atau hotel berbintang. Oyster berkualitas tinggi dikatakan berasal dari beberapa area di pesisir Eropa dan Australia.  

Meskipun di Indonesia hidangan ini masih cukup langka, namun sebagai negara maritim ternyata Indonesia juga menghasilkan oyster yang mampu bersaing dengan kualitas impor, yaitu pacific oyster atau dalam bahasa latin bernama Crassostrea Gigas

Pamer Foto Masakan, Chef Renatta Tuai Cibiran Warganet: Disebut Mirip Sesajen hingga Kuburan Baru

Manfaat oyster untuk kesehatan
Tak hanya memiliki cita rasa yang unik, oyster juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Oyster memiliki kandungan zinc, vitamin E dan C yang cukup tinggi. Selain itu, kandungan dalam oyster juga dipercaya mampu menjaga imunitas. 

Chef Juna Klarifikasi Pemenang MCI Selalu Chindo, Renatta Moeloek: Bagus

Menurut laman WebMD, oyster memiliki kandungan vitamin B12 cukup tinggi yang dapat membantu memelihara kesehatan otak, saraf, dan mental para penikmatnya. Mengonsumsi oyster juga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menurunkan berat badan karena rendah kalori. 

Mengutip Health Essentials, 6 pcs oyster berukuran sedang hanya mengandung sekitar 175 kalori. Tidak hanya itu, mineral seng yang terkandung dalam oyster mampu menciptakan dan meningkatkan kolagen, sehingga baik untuk menjaga kesehatan kulit. 

Menikmati oyster di utara Jakarta
Nah, buat kamu yang tinggal di sekitaran Jakarta dan ingin mencicipi hidangan premium ini, Oyster Dealer, juga menawarkan pacific oyster, yang menjadi menu andalan mereka. 

"Pacific oyster dari Sumatera menjadi menu andalan dari Oyster Dealer, karena tekstur dagingnya yang agak tebal dan relatif manis. Untuk mendapatkan oyster lokal yang berkualitas, tentunya kami bekerja sama dengan para nelayan lokal," ujar Andika Biantara, Chef dan Owner Oyster Dealer, saat ditemui di Oyster Dealer, Cove at Batavia PIK, Jakarta Utara, Rabu 11 Mei 2022. 

VIVA berkesempatan untuk mencicipi beberapa menu di sini, termasuk oyster mentah dan yang dimasak. Untuk tiram mentah, oyster disajikan dalam rendaman es batu untuk menjaga kesegarannya. Dalam wadah yang sama, ditambahkan beberapa irisan lemon. 

Menu pacific oyster sendiri disajikan dengan namjin dan mango salsa sauce. Kedua saus tersebut menjadikan hidangan oyster ini semakin gurih, manis dan asam, yang meleleh bersama lembutnya daging oyster.

Salah satu juri Masterchef Indonesia, Chef Renatta Moeloek, bahkan sudah mencicipi menu oyster di sini. Menurutnya, oyster lokal yang menjadi andalan Oyster Dealer secara kualitas sudah baik dari segi inovasi rasa dan juga kesegarannya. 

Chef Renatta turut mengapresiasi Oyster Dealer yang bisa dengan baik mengolah oyster lokal sehingga memiliki cita rasa yang unik. 

Nah, buat kamu yang tidak menyukai olahan mentah, Oyster Dealer juga menyajikan menu oyster matang atau yang sudah dimasak. Untuk mencicipi hidangan premium ini, jangan khawatir, kamu tidak perlu merogok kocek yang terlalu dalam. 

Untuk satu porsi pacific oyster atau berisi 6 pcs, dibanderol dengan harga Rp165 ribu. Sementara untuk 1 lusin oyster, dihargai Rp285 ribu. Di sini, juga menyediakan Murotsu atau oyster dari Jepang, dengan harga yang lumayan, yaitu Rp75 ribu untuk 1 pcs oyster. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya