Sederet Publik Figur Tanah Air Ramai-ramai Teriak Soal Kualitas Udara yang Buruk

Publik figur (Raisa, Addie MS, Chef Renatta) suarakan kualitas udara yang buruk
Sumber :
  • Kolase/Instagram

VIVA Showbiz – Sederet artis Tanah Air bersuara terkait dengan kualitas udara di Jakarta yang dianggap kian memburuk setiap harinya. Salah satunya seperti komposer Addie MS yang baru-baru ini mengeluhkan kualitas buruk dari udara Jakarta. Hal itu diungkap oleh suami Memes tersebut melalui platform ‘X’.

Langit Yunani Tiba-tiba Berubah Jadi Oranye, Ini Penyebabnya

Dalam cuitannya, ayah dua anak ini mengeluhkan kualitas udara di Jakarta yang buruk, bahkan sampai minta pertolongan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Addie MS mengatakan bahwa polusi udara di Ibu Kota sudah sangat mengkhawatirkan. Seperti yang diunggah juga oleh akun @pandemictalks di Instagram. 

Raisa Takut Kisah Hidupnya Diangkat Jadi Film Dokumenter: Ada Apa Dibaliknya?

“Pak @jokowi Tolong, Pak.. Polusi udara Jakarta parah sekali. Sudah bertahun2 seperti ini. Bahaya sekali. Ini kondisi pk 3.30 pagi tadi yg terlihat di apps AirVisual & Nafas,” tulis Addie MS. 

Penyanyi wanita kenamaan Tanah Air, Raisa juga mengungkapkan keprihatinannya terhadap buruknya kualitas udara. Ia membagikan tangkapan layar indeks kualitas udara (AQI) dan polusi udara dari IQAir di Instagram Story pada Senin, 7 Agustus 2023. 

Alasan Yordania dan Arab Saudi Justru Bantu Israel Lawan Serangan Udara Iran

Publik figur (Raisa, Addie MS, Chef Renatta) suarakan kualitas udara yang buruk

Photo :
  • Kolase/Instagram

Dalam tangkapan layar itu, kualitas udara di lokasi Raisa dikategorikan sebagai "very unhealthy" atau sangat tidak sehat. Raisa bahkan merasa sulit untuk mendapatkan kebutuhan dasar manusia yakni udara bersih 

Menurutnya juga, pihak berwenang tampaknya tidak memberikan solusi atas permasalahan ini dan hanya berdiam diri.

“Another day being DENIED basic human need; clean air. Mon Pas covid heboh bgt skrg penanganannya skrg apaa diem aja pura2 gak tau, denial, gak ada solusi…. Kasitau dong langkahnya apaaa apa emg 3 niatnya buat bunuh kita & anak2 kita pelan2 gini?” tulis Raisa dalam akun Instagramnya @raisa6690. 

Begitu pula dengan Chef Renatta Moeloek yang juga menyuarakan tentang kualitas udara yang buruk. Dirinya heran isu kualitas udara di Indonesia tak seheboh seperti di luar negeri. 

“Polusi jakarta yg bertahun2 punya AQI rata2 diatas 170 dan berstatus "berbahaya utk kesehatan" tapi tetap tidak ada yg bahas/ gerak. di bbrp negara, capai AQI 150 itu sudah jadi headline berita dg warning heboh jgn keluar rumah, tutup jendela, pakai masker & pasang purifier,” tulisnya di akun @MoeloekRenatta. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya