Kemenparekraf Kampanye Wonderful Indonesia Lewat Kuliner & Budaya

Gedung Sapta Pesona / Kemenparekraf
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

VIVA – Kalangan swasta dan industri masih menjadi jejaring penting dari sinergi dan 'kolabor-aksi' pemangku kepentingan untuk memperkuat kampanye nasional Wonderful Indonesia (WI) yang sedang dijalankan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). 

Bernuansa Suasana Pegunungan, Lifestyle Bistro Teras by Plataran Hadir di Summarecon Bogor

Direktur Komunikasi Pemasaran Kemenparekraf, Martini M. Paham, menjelaskan, fokus mereka saat ini adalah memperkuat jalinan kemitraan Co-Branding Wonderful Indonesia dengan para mitranya.  

"Diperlukan sinergi dan kolaboraksi kementerian dengan program yang dimiliki oleh mitra untuk memperkuat brand equity pihak yang terlibat," ujarnya saat acara Wonderful Indonesia Co-Branding Forum (WICF 2022) yang digelar daring dan luring di Jakarta, baru-baru ini. 

Sejuta Pohon Hijaukan Labuan Bajo: Komitmen Pemerintah Wujudkan Green Tourism

Salah satu mitra dari Kemenparekraf adalah Aice Group. Martini menambahkan, sebagai salah satu mitra strategis Kemenprekraf, diharapkan Aice dapat menjadi salah satu landasan yang kuat dalam meningkatkan brand equity Wonderful Indonesia secara kolektif. 

Weekend ke Mana? Yuk, Nikmati Hidangan ala Gourmet Cocok Buat Temen Nongkrong

"Mudah-mudahan sinergi Aice lewat Mochi Klepon dan program kampanye Mochi Baby serta produk inovatif Aice lainnya akan memperkuat kampanye kuliner dan budaya asli Indonesia," kata dia. 

Brand Manager sekaligus Juru Bicara Aice Group, Sylvana Zhong, menjelaskan, kerja samanya dengan WI sudah berjalan sejak tahun lalu. Kolaborasi dan aksi bersama pemerintah dan swasta dalam WI bukan hanya berbentuk komunikasi publik yang soft selling, tapi juga dalam pendekatan yang hard selling. Aice meletakkan logo WI dalam kemasan Aice Mochi yang diproduksinya. 

"DNA promosi Indonesia sama-sama kuat dimiliki oleh Kemenparekraf dan Aice Group. Co-branding di produk unggulan Aice Mochi Klepon menjadi dukungan pertama kami dalam kampanye Wonderful Indonesia. Lewat Aice Mochi Klepon, kami mewujudkan kolaboraksi dari elemen riset produk terbaik Aice dengan cita rasa kuliner asli Indonesia yang kami yakini akan sukses mempromosikan ciri khas bangsa kita," ungkapnya. 

Sylvana lebih lanjut menjelaskan tentang dukungannya untuk mempromosikan budaya asli Indonesia ke mancanegara, dengan meluncurkan kampanye Mochi Baby Keliling Indonesia. 

"Melalui kampanye branding dan kehumasan Mochi Baby Keliling Indonesia, kami berusaha mengedukasi masyarakat domestik dan luar negeri atas obyek wisata dan warisan budaya Indonesia yang indah," tuturnya. 

"Nanti Aice Mochi Baby akan selalu mengenakan berbagai baju tradisional Indonesia saat berkeliling. Langkah bersama yang diinisiasi Kemenparekraf ini sangat selaras dengan visi dan misi kami dalam membagikan keceriaan melalui es krim berkualitas kepada masyarakat luas,” tambah Sylvana.

Lewat kombinasi aktivasi iklan TV, konser musik, kuis dan pemberitaan massif di media konvensional dan sosial, Aice akan menjalankan kampanye WI di puluhan titik wisata penting Indonesia. Sylvana menjelaskan, mereka akan menjalankan kampanye Inovasi Warisan Indonesia. 

"Berbagai titik penting pariwisata dan budaya yang memperkuat kampanye WI, akan menjadi target lokasi dari produsen es krim terbesar di Indonesia ini," tukasnya. 

"Berbagai publicity stunt yang akan dikombinasikan dengan produk Aice Mochi serta berbagai produk inovatif lain, akan kita jalankan bersama untuk memupuk kecintaan kita terhadap nilai budaya asli Indonesia. Co-branding ini mudah-mudahan akan makin memperkuat recall dan citra Indonesia di dunia," tutup Sylvana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya