Bandeng Panggang Pesisir, Kuliner Khas Resep Kuno dari Semarang Pakai Bumbu Kropok

Bandeng Panggang Bumbu Pesisir
Sumber :
  • VIVA/ Teguh Joko Sutrisno/ Semarang

VIVA Kuliner – Orang dulu punya banyak resep tradisional yang menghasilkan citarasa yang enak dan aroma yang khas. Di Semarang misalnya, ada satu resep masakan ikan bandeng yang sempat terlupa, kini dimunculkan kembali dan menjadi sajian kuliner favorit. 

Milk Bun Viral Thailand Tanpa Mixer Sekali Jadi! Resep Rahasia Tasyi Athasyia Terungkap!

Bandeng panggang dengan bumbu pesisir bisa dinikmati di kawasan kuliner tambak Tawang Mas Semarang. Bumbunya merupakan perpaduan antara bawang, kecap, cabai, rempah, dan perasan air jeruk purut. Hasilnya, bumbu ini berasa pedas asam manis yang meresap ke dalam daging bandeng.

"Kalau orang dulu bilang namanya bandeng kropok. Ada yang mikir ini bandeng yang dikropok atau bagaimana. Padahal kropok itu bumbu khas pesisir yang populer di daerah antara Semarang hingga Gresik," kata Hengki, pemilik warung makan pemancingan Baron Semarang.

Terpopuler: Zaidul Akbar Bocorkan Resep Kaldu Ajaib hingga Fakta-fakta Unik Tentang Uzbekistan

Bandeng Panggang Bumbu Pesisir

Photo :
  • VIVA/ Teguh Joko Sutrisno/ Semarang

Yang membuat menu ini berbeda dari bandeng biasa adalah cara mengolahnya agar duri bandeng tak mengganggu saat dimakan. Yaitu dengan disayat tipis-tipis pada dagingnya. Dengan begitu, bandeng yang terkenal durinya yang lembut tapi banyak, jadi tidak terasa karena duri tersebut teriris kecil-kecil dan bisa langsung dimakan.

Resep Gampang Masak Nugget Ayam di Rumah, Dijamin Anak Pasti Suka

"Kalau dulu orang langsung aja dimasukkan ke bumbu lalu digoreng atau dipanggang. Tapi kan itu durinya masih panjang ya. Makanya kita di sini coba dengan cara begitu dan ternyata banyak yang suka, bahkan orang awalnya nggak begitu suka bandeng, malah jadi suka," ungkapnya.

Cara memasaknya, dipilih bandeng segar lalu dibersihkan jeroannya. Lalu dibersihkan juga sisiknya. Setelah itu disayat tipis - tipis pada dagingnya dan digoreng setengah garing. Baru kemudian dicelup dan direndam dalam bumbu kropok. Setelah meresap kemudian bandeng dipanggang hingga matang.

Saat dihidangkan, bandeng tersebut diguyur dengan bumbu kropok hingga cabainya menumpuk, sekaligus menjadi cocolan sambal.

"Kita punya banyak menu, dan bandeng panggang bumbu pesisir ini sangat disuka. Dan bandengnya juga segar karena diambil langsung dari tambak. Bisa kita jaring atau kalau mau pembeli yang mancing," katanya.

Seporsi bandeng panggang bumbu pesisir isi 4 ekor di sini harganya Rp85 ribu. Nikmat disantap dengan nasi hangat dan lalapan.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno/ tvOne/ Semarang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya