Bukan Cuma Bikin Adem, Cincau Juga Bermanfaat untuk Kesehatan

Cincau hijau
Sumber :
  • instagram.com/herlina.1975

VIVA Kuliner – Cincau menjadi salah satu dessert yang paling banyak dicari terutama saat bulan Ramadhan seperti saat ini. Memiliki tekstur seperti jelly, cincau diketahui menjadi buruan saat berbuka lantaran memberikan sensasi segar dan adem di tenggorokan. 

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Namun bukan hanya itu saja, cincau juga diketahui dapat memberikan manfaat kesehatan. Selain menyegarkan, salah satu manfaat kesehatan dari cincau adalah membantu menurunkan risiko penyakit jantung, stroke dan darah tinggi. Hal ini diungkap oleh spesialis gizi dan klinik, Dr. Marya W. Haryono, M.Gizi, SpGK dalam program Hidup Sehat, tvOne, Senin 3 April 2023.

"Fakta tetapi tidak secara langsung, karena di dalam cincau serat cukup baik, cegah lemak terserap dalam usus kita dan tidak masuk ke tubuh," kata dia.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Cincau.

Photo :
  • U-Report

Marya menjelaskan lebih lanjut, risiko lemak meningkat dalam tubuh kita menurun secara otomatis berdampak untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Sementara untuk mengurangi risiko stroke dan hipertensi, kandungan sifat antioksidan dalam cincau karena mempunyai fitokimia dan flavonoid alami sebagai antioksidan jaga aspek tensi dan stroke.

Meninggalnya Babe Cabita Ternyata Bikin Para Sahabat Iri, Kok Bisa?

Namun perlu dicatat bahwa mengonsumsi rutin cincau dapat mengurangi risiko tersebut. Marya menjelaskan konsumsi cincau sebagai kombinasi. Tetap konsumsi nutrisi lainnya setiap hari seperti  protein, lemak baik, karbohidrat kompleks, buah dan sayur.

"Kombinasi harus pas. Tak cuma itu saja, cincau ini ternyata turun menurun cegah kanker mungkin karena antioksidannya sayangnya sampai sekarang penelitian belum kuat," kata dia.

Tak hanya itu saja, kandungan serat dalam cincau juga ternyata baik untuk mereka yang sedang diet. Namun perlu diperhatikan cara pengolahannya.

"Cincau untuk kesehatan tubuh banyak, tapi kalau campuran santan terlalu banyak, gula dan kental manis berlebihan malah jadi sebabkan gula darah tinggi," kata dia.

Marya menjelaskan jika ingin cincau sebagai cara untuk diet perhatikan cara pengolahannya. "Jadi menu sebaiknya dicampur buah segar berair, gak ada risiko gula darah bisa tambah, gula atau sirup 1-1,5 sdm," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya