Tips Buat Ketupat Anti Basi Kurang dari 2 Jam ala Chef Rudy Choirudin

Rudy Choirudin
Sumber :
  • IG @vicenzaofficial

VIVA Kuliner – Jelang H-3 Idul Fitri 1444 H, sejumlah umat Muslim di Indonesia telah melakukan persiapan. Berbagai persiapan untuk menyambut Idul Fitri termasuk dalam menyiapkan sejumlah hidangan untuk disajikan kepada tamu yang datang bersilaturahmi ke rumah.

Resep Gampang Masak Nugget Ayam di Rumah, Dijamin Anak Pasti Suka

Ya, ketupat menjadi hidangan wajib ada di meja makan. Ketupat yang terbuat dari beras dan dibungkus dengan daun kelapa ini biasanya disantap bersama rendang, opor hingga sayur daun pepaya. Yuk, scroll untuk tahu resepnya.

Ketupat yang pertama kali muncul di Tanah Jawa sejak abad ke-15, pada masa pemerintahan Kerajaan Demak ini dalam proses pembuatannya cukup tricky. Mulai dari berair, lembek, bahkan cepat basi atau malah masih adanya beras yang matang.

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

Untuk masyarakat yang hendak membuat ketupat untuk disajikan saat Lebaran nanti, berikut ini resep membuat ketupat ala Chef Rudy Choirudin mengutip tayangan YouTube Galery Rasa Channel, Selasa 18 April 2023.

Haru, Sebelum Meninggal Stevie Agnecya Siapkan Baju Koko Lebaran untuk Anak dan Suami

Dalam pembuatan ketupat ala Chef Rudy Choirudin dirinya memilih untuk membuat ketupat dengan cara dipresto. Salah satunya untuk menghemat waktu. Jika diproses dengan cara seperti biasa akan memakan waktu hingga 4 hingga 5 jam lamanya.

Selain itu, yang juga perlu diperhatikan saat membuat ketupat adalah proses pencucian beras hingga pengisian beras ke dalam ketupat. Untuk proses pencucian beras, beras seberat 500 gram direndam minimal selama 6 jam atau lebih baik didiamkan selama semalaman dengan 700 ml air dan 1 sdm air kapur sirih.

Kemudian untuk pengisian ketupat kata Chef Rudy Choirudin adalah mengisi beras hanya 60 persen isiannya. Jika mengisi beras hingga 80 persen akan saat matang dan terdapat butiran beras. Sementara jika kekurangan, di mana pengisian beras hanya 50 persen saat matang, ketupat akan menjadi lembek.

Nah berikut ini langkah-langkah membuat ketupat dengan cara dipresto ala Chef Rudy Choirudin.

1. Siapkan 500 gram beras yang telah dicuci. Beras ini bisa dijadikan 8 hingga 10 ketupat tergantung dari seberapa besar ketupat yang dibuat.

2. Isi ketupat dengan beras hingga 60 persen penuh, setelah terisi semua ikat ketupat.

Ilustrasi ketupat

Photo :
  • VIVA.co.id/Filzah Adini Lubis

3. Buka panci presto dan pastikan isian airnya cukup untuk merendam semua ketupat. Setelah itu tutup prestonya dan masak.

4. Dalam proses memasak gunakan api sedang terlebih dahulu, kemudian masak dan tunggu hingga panci presto berbunyi.

5. Saat panci berbunyi, kecilkan api dan langsung set alarm 60 menit untuk memasak ketupat.

6. Setelah satu jam proses pemasakan dengan api kecil, jangan dipaksakan untuk cepat dingin. Sebab tekanan uap yang ada di dalam panci presto menandakan masih dalam proses pemasakan. Sehingga tidak boleh disiram air mengalir atau dikasih serbet basah. Tunggu desisnya habis.

7. Setelah desisnya hilang angkat ketupat lalu tiriskan ketupat, gantung ketupat hingga dingin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya