Cara Menyimpan Daging Tanpa Kulkas agar Kualitasnya Tetap Terjaga

Ilustrasi daging sapi
Sumber :
  • Pixabay/melomary22

Jakarta – Menyimpan daging secara tepat merupakan kunci utama dalam mempertahankan kelezatan dan kualitasnya untuk dikonsumsi. Potongan daging segar, baik itu daging sapi atau ayam membutuhkan perawatan yang tepat agar kesegarannya tetap terjaga dan bebas dari risiko kerusakan makanan.

Main Series Bareng Nicholas Saputra, Lee Sang Heon Jadi Bisa Masak Orek Tempe

Penyimpanan daging pada umumnya harus di suhu dingin di bawah 5 derajat atau disimpan secara beku di freezer. Namun, bagaimana cara menyimpan daging bagi yang tidak punya pendingin atau kulkas? Tidak perlu khawatir karena masih bisa diakali, namun dengan sedikit effort yang dibutuhkan. 

Ilustrasi daging kambing.

Photo :
  • Pixabay/mp1746
Siap-Siap Baper, Nicholas Saputra Terjebak Cinta Segitiga dengan Aktris Filipina dan Aktor Korea

Cara menyimpan daging tanpa pendingin atau kulas adalah dengan menggunakan styrofoam dan plastik atau wrap untuk menutupi daging agar suhunya tetap terjaga. Bisa juga divakum, yang penting daging terbungkus dan tidak ada celah yang terbuka. 

“Beli styrofoam kemudian dagingnya itu ya paling gak diplastikin mau divakum boleh mau diplastik roll boleh pokoknya dibungkus supaya dia (daging) tidak ada celah,” terang Executive Chef Aprez Cafe, Stefu Santoso dalam acara Kick-off Aussie Beef Mates di kawasan Jakarta Selatan pada Kamis, 15 Juni 2023. 

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Executive Chef Aprez Cafe, Stefu Santoso

Photo :
  • VIVA/Trisya Frida

Setelah itu kubur daging yang telah dibungkus dengan plastik dan styrofoam dengan es batu. Dengan menggunakan es batu, maka suhu daging akan terjaga, ditambah lagi menggunakan styrofoam yang dapat menjaga suhu. 

“Kemudian kita beli es batu nah kubur tuh daging dengan es batu di dalam styrofoam karena styrofoam itu dia satu-satunya alat yang bisa menjaga suhu di dalam tapi dengan kondisi dia tertutup ,” terangnya lagi. 

Ilustrasi daging merah.

Photo :
  • Pixabay/joon2079

Kendati demikian, cara ini hanya dapat mempertahankan daging paling tidak selama 1x24 jam saja. Meski tetap akan mencair, namun setidaknya todak akan langsung cair menjadi air.

“Cair pasti akan cair, tapi itu adalah satu-satunya cara kita jaga daging tanpa kulkas. Tapi paling tidak cairnya dia tidak akan langsung jadi air semua. Apalagi kalo kita nguburnya kasih garam kan, meskipun garam itu sebenernya kan akan membuka pori-pori pada es batu,” jelas Chef Stefu. 

Penyimpanan daging akan menjadi sedikit tahan lama jika disimpan menggunakan styrofoam yang membuat suhunya tetap terjaga. Tidak bisa dipastikan akan berapa lama bertahan, tapi paling tidak 1x24 jam. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya