Kangen Bakso dan Menu Khas Indonesia di Tanah Suci, 3 Tempat Ini Wajib Dikunjungi

Bakso di Souk Al-Shate, Jeddah
Sumber :
  • MCH 2023

JEDDAH – Bukan hal yang sulit menemukan kuliner khas Indonesia saat berada di Kota Jeddah, Arab Saudi. Dikenal sebagai kota pelabuhan yang dikembangkan sebagai kota internasional membuat Jeddah menjadi tempat pertemuan budaya, tradisi. Termasuk tradisi kuliner Indonesia.

Soal Foto Kopi Pro Israel, Zita Anjani Singgung Boleh Mengingatkan Tapi Tidak Menghakimi

Jeddah menjadi tempat yang ramah untuk lidah Indonesia, mulai dari urusan kuliner sampai bahasa, seperti di Pasar Al Balad, kawasan Kota Tua Jeddah.

Warung Bakso Mang Oedin

Photo :
  • MCH 2023
Posting Foto Gelas Starbucks saat Umroh Dikecam, Zita Anjani Tantang Balik Masyarakat Untuk Ini

Masuk dari Gedung Corniche Commercial Center, kawasan Kota Tua Al Balad, Jeddah, di sebelah kirinya ada gang sempit. Di antara gang tersebut ada Warung Bakso Mang Oedin yang menjual aneka hidangan Indonesia. Yang paling favorit, tentu saja menu baksonya.

Buat jemaah Indonesia yang kangen dengan bakso saat di Tanah Suci, banyak yang mampir di warung ini. Tak cuma jemaah haji, warga Indonesia yang sudah lama tinggal di Arab Saudi pun sering makan di sini untuk mencicipi aneka hidangan khas Indonesia.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Warung Bakso Mang Oedin

Photo :
  • MCH 2023

Menu yang ditawarkan selain bakso, ada juga nasi campur, mi goreng, sop daging, seblak, sate hingga karedok dan gado-gado. Salah satu pengunjung warung ini, Salsa asal Medan mengaku sudah tiga tahun tinggal di Jeddah. Salsa mengaku sering mampir ke warung ini untuk menikmati hidangan khas Indonesia.

"Kalau kita kangen rumah, saya sering makan di sini. Aku suka banget makan sate di sini," kata Salsa ditemui, Jumat, 16 Juni 2023.

Bakso di Warung Mang Oedin, Al Balad, Jedah

Photo :
  • MCH 2023/ Romadanyl

Mi ayam bakso di Warung Mang Oedin

Photo :
  • MCH 2023/ Romadanyl

Diakui pengelola Warung Bakso Mang Oedin, Samsudin, Warung Bakso ini sudah didirikan sejak tahun 1995. Samsudin hampir 30 tahun menjadi karyawan di warung tersebut. 

"Tadinya di Mekkah, Mekkah digusur di Marwa. Sekarang cuma ada di Jeddah warungnya. Alhamdulillah banyak jemaah kita pada mampir, favoritnya bakso, sehari bisa sekuintal bakso habis. Ada juga menu mi ayam, nasi campur, gado-gado, seblak, mpek-mpek, sate, sop ayam, sop kaki, nasi goreng," terang Samsudin.

Nasi Campur di Warung Bakso Mang Oedin

Photo :
  • MCH 2023/ Romadanyl

Untuk menikmati satu porsi bakso atau mi ayam di warung ini, Anda perlu merogoh kocek 15 Riyal setara Rp60 ribu. Dan untuk menu lainnya seperti nasi campur dan lainnya Anda perlu membayar 25 Riyal atau Rp100 ribu. Dan jika kangen dengan es teh manis, cukup 5 Riyal saja atau setara Rp20 ribu.

Souk Al-Shate'a

Jajanan kue basah di Souk Al-Shate, Jeddah

Photo :
  • MCH 2023

Souk Al-Shate'a Ahmad Al Attas St (King Abdulaziz Rd),Jeddah, Saudi Arabia juga wajib dikunjungi saat mendaratkan kaki di Jeddah. Tempat ini sering dijadikan tempat kongkow para Tenaga Kerja Indonesia yang tinggal di Jeddah. 

Suasana sore di Souk Al-Shate'a begitu ramai. Di sini pengunjung bisa berbelanja aneka koper, tas cantik, oleh-oleh seperti mukena dan abaya serta pernak-pernik lainnya. 

Bakso di Souk Al-Shate, Jeddah

Photo :
  • MCH 2023

Dan yang paling menariknya lagi, di tempat ini juga tersedia warung bakso yang bukan hanya menjual hidangan bakso dan mi ayam tapi juga menjual aneka camilan  yang asli Indonesia banget. Mulai dari tape ketan, onde-onde, klepon, kue cucur dan masih banyak lagi. Jangan khawatir, penjualnya pun asli Indonesia.

Yang paling favorit, sudah pasti bakso dan mi ayam. Untuk menikmati semangkuk bakso atau mi ayam di tempat ini, cukup merogoh kocek 15 Riyal atau setara Rp60 ribu. Ditambah es manis 5 Riyal atau setara Rp20 ribu. 

Medina Asian Restaurant

Buat yang sedang berada di Madinah, ada juga aneka hidangan khas Indonesia, termasuk bakso. Di kawasan Jabal Uhud ada resto bernama Medina Asian Restaurant. Di sini, aneka hidangan mulai dari lontong sayur, batagor, mpek-mpek, mi ayam hingga bakso jadi makanan favorit di sini.

Pengunjungnya bukan cuma orang Indonesia yang kangen dengan makanan cita rasa khas tanah air, tapi juga orang Malaysia yang suka dengan hidangan khas Melayu. 

Medina Asian Restaurant di kawasan Jabal Uhud, Madinah

Photo :
  • MCH 2023

Medina Asian Restaurant di kawasan Jabal Uhud, Madinah

Photo :
  • MCH 2023

Muhammad pelanggan asal Malaysia mengaku sering makan di restoran tersebut saat kangen dengan hidangan khas Melayu. Ditemani anaknya, Muhammad saat itu menikmati ayam goreng ungkep dan lontong sayur.

"Kalau kangen masakan melayu saya sering kesini," katanya.

Tak hanya makanan, aneka minuman khas Indonesia seperti es cendol juga dijual di tempat ini. Harganya aneka hidangan seperti bakso, mi ayam, batagor dipukul rata 25 Riyal atau Rp100 ribu. Untuk minumannya, harganya bervariasi. 

Batagor di Medina Asian Restaurant

Photo :
  • MCH 2023/ Lutfi Dwi Pujiastuti

Sate di Medina Asian Restaurant di kawasan Jabal Uhud, Madinah

Photo :
  • MCH 2023

Mi ayam di Medina Asian Restaurant

Photo :
  • MCH 2023
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya